Home » CPNS 2017 » Rekrutmen CPNS 2017 Diserahkan ke Pemda

Pengumuman CPNS 2017. Rekrutmen CPNS 2017 tidak dilakukan secara serentak. Pelaksanaannya bergantung kesiapan kementerian/lembaga dan masing-masing pemerintah daerah (pemda). “Mulai tahun ini tes CPNS tidak dilakukan serentak untuk semua jabatan. Namun, dilihat yang siap terlebih dahulu,” kata Bima Haria Wibisana, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jumat, 5 Mei.

Dia menyebukan, sistem tes tetap menggunakan computer assisted test (CAT). Dengan demikian tidak ada lagi tes di stadion-stadion.

“Prinsipnya, begitu MenPAN-RB? menetapkan formasi jabatan dan mengeluarkan izin prinsip, instansi sudah bisa membuka rekrutmen cpns. Kemudian seleksi lewat tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang,” tuturnya.

Rekrutmen CPNS 2017 Diserahkan ke Pemda

Di daerah, Pemprov Sulsel belum mendapat informasi resmi terkait mekanisme tes CPNS 2017. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel menunggu petunjuk KemenPAN RB

Kabid Pengembangan Pegawai BKD Sulsel, Nursyamsih menuturkan Pemprov mengusulkan usulan formasi sesuai kebutuhan berdasarkan analisis kebutuhan kerja.

“Untuk usulan 2017 itu tentu menyesuaikan dengan perubahan struktur organisasi perangkat daerah (OPD) baru,” tuturnya.

Jumlah pegawai Pemprov saat ini membengkak menjadi 26.364 orang. Tambahan pegawai bukan hanya dari pengalihan guru SMA dan SMK 15.156 orang saja. Pemprov juga harus menerima pengalihan pegawai dari kabupaten/kota bidang kehutanan 948 orang, energi dan sumber daya mineral 34 orang, perhubungan 160 orang, dan ketenagakerjaan 66 orang.

Kata Nursyamsih berdasarkan acuan terakhir 2015, kebutuhan pegawai Pemprov Sulsel 12.374 orang. Dengan jumlah pegawai yang ada 9.797 orang.

“Artinya ada kekurangan sekira 2.577 orang sesuai data e-formasi. Usulan tahun ini mungkin sedikit berbeda karena ada perubahan struktur OPD,” bebernya.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Makassar, Basri Rachman mengutarakan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan akan ada penerimaan di Kota Makassar. Sebab, pemkot baru memasukkan usulan fotmasi.

“Kita tunggu dulu rapat koordinasi nasional. Rencananya diadakan tanggal 10 Mei ini di Jakarta,” katanya.

Sekkab Luwu Utara, Abdul Mahfud menyatakan daerahnya sudah siap untuk melakukan rekrutmen CPNS.

Kepala BKD Pinrang, Muh Nasir mengatakan, sejauh ini belum ada surat resmi dari BKN soal petunjuk pelaksanaan untuk penerimaan CPNS 2017. Hanya saja memang sudah ada kabar yang beredar, terkait tes yang tak bersamaan di semua daerah dan lembaga.

“Kebutuhan kita adalah guru dan tenaga kesehatan. Utamanya di wilayah pegunungan,” ucapnya.

 Kepala BKP SDM Bone, Andi Islamuddin juga mengaku belum mendapat informasi dari pihal terkait tentang mekanisme pelaksanaan tes CPNS tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM) Soppeng, A Mahmud pun menuturkan baru sebatas mengusulkan kebutuhan CPNS. Batas pengusulan kebutuhan pegawai di-deadline Jumat, 5 Mei 2017.

Sumber: http://fajaronline.com/2017/05/06/rekrutmen-cpns-diserahkan-ke-pemda



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.