Home » Uncategorized » 11 Pegawai Negeri dihukum pecat karena Mangkir Jam Kerja

Sedikitnya sebelas pegawai negeri sipil (PNS/ASN) di lingkungan Pemkab Sukabumi, Jawa Barat diberhentikan. Mereka terbukti telah mengangkangi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Peraturan Disiplin PNS/ASN. Jumlah itu, merupakan akumulasi dari Januari hingga Juli 2011. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Adjo Sarjono menjelaskan, dari ke-11 orang itu, tujuh di antaranya diberhentikan secara tidak hormat. Artinya, ketujuh eks PNS/ASN itu tidak bisa kembali menjadi PNS/ASN dan jatah pensiunnya hilang.

“Umumnya para PNS/ASN yang diberhentikan tidak disiplin. Padahal, mulai teguran lisan dan tulisan sudah ditempuh. Namun, mereka kerap mangkir kerja,” kata Adjo kepada Pos Kota, Minggu (7/8).

Disebutkannya, para PNS/ASN yang diberhentikan itu mangkir atau bolos kerja lebih dari 46 hari berturut-turut tanpa keterangan. Maka itu, big bos PNS/ASN di Pemkab Sukabumi ini meminta agar para PNS/ASN bisa mengoptimalkan pelayanan dan kinerjanya.

“Kalau masih mangkir dan tidak bisa optimal, para pimpinan di instasi masing-masing kita minta mengawasi anak buahnya. Dan, kalau anak buah tidak benar bekerja, laporkan saja biar jera,” pinta Adjo.

Adjo juga mengharapkan untuk mendukung optimalisasi kinerja PNS/ASN, peran aktif masyarakat diperlukan. Menurutnya, dengan pengawasan dilakukan bersama-sama akan lebih terpantau. “Ya kalau mengandalkan petugas pengawas sangat terbatas dengan jumlah pegawai dan luas wilayah. Untuk itu, kita juga minta peran aktif dari masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, perbandingan jumlah PNS/ASN tahun ini mengalami peningkatan disbanding tahun sebelumnya. Tahun ini, baru sekitar semester I sudah ada 11 PNS/ASN yang dipecat. Sedangkan selama tahun 2010 hanya 13 orang dipecat.

Download Soal-Soal CPNS/CASN Indonesia



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.