Home » Uncategorized » 15 PNS Dijatuhi Sanksi karena Selewengkan Anggaran

Sanksi tegas dijatuhkan Bupati Boyolali, Seno Samodro terhadap pejabat dan PNS/ASN nakal. Tercatat sebanyak 15 pejabat dan staf dijatuhi sanksi, dua diantaranya dipecat. Dua PNS/ASN dipecat karena mangkir dari tugasnya hingga setahun lebih. Upaya pembinaan yang dilakukan instansi terkait, termasuk Badan Kepegawaian Daerah tidak juga diindahkan. Akhirnya, langkah terakhir ditempuh dengan pemberian SK pemberhentian. Tak hanya itu, beberapa pejabat terpaksa dinonjobkan karena terbukti membelokkan anggaran.


“Sanksi harus tegas sesuai aturan yang berlaku,” kata Bupati, Minggu (1/5).


Dijelaskan, sanksi berupa penurunan pangkat atau jabatan dilakukan setelah pihak Inspektorat melakukan kajian mendalam. Mereka terbukti menyalahgunakan anggaran baik itu dana penanggulangan bencana maupun dana pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan. Anggaran yang diselewengkan nilainya bervariasi antara Rp 1 juta – Rp 20 juta.


Diantara nama pejabat yang dinonjobkan adalah Camat Wonosegoro, Binasih. Sebelumnya, dia adalah Camat Cepogo dan baru beberapa minggu dipindahkan ke Wonosegoro.


Bupati juga membenarkan telah menonjobkan Binasih karena dinilai melanggar aturan. Berdasarkan pengecekan, dia menggunakan anggaran program pengentasan kemiskinan di luar peruntukan. “Ya, dia menggunakan dana program pengentasan kemiskinan. Sudah dilakukan pembinaan dan sanksi itu merupakan langkah lanjutan, ” kata Bupati.


Lebih lanjut orang nomor satu di jajaran Pemkab Boyolali tersebut menjelaskan, dirinya tidak main-main dalam menegakkan kedisiplinan. Apalagi bila ada pejabat atau PNS/ASN terbukti menyalahgunakan anggaran untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Semua pejabat atau PNS/ASN yang nakal dipastikan akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku.


“Saya tidak kejam, tetapi ini adalah aturan. Jadi harus ditegakkan. Kasihan masyarakat kalau dana untuk pemberdayaan masyarakat miskin atau dana penanggulangan bencana diselewengkan. Pejabat itu sebagai pamong masyarakat, harus melindung, ” tambahnya.


 


Arsip List Posting PPCI



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.