Home » Uncategorized » Pengumuman CASN : 160 CPNS/CASN Nunukan Terancam tak Bisa Prajabatan - CASN 2014

Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Nunukan terpaksa menunda pelaksanaan pra jabatan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) di Nunukan. Pelaksanaan para jabatan yang semula direncanakan berlangsung awal bulan ini terpaksa ditunda karena hingga kini Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) Kabupaten Nunukan tahun 2011 belum juga disahkan.

“Bagi kami di BKDD Nunukan keterlambatan pengesahan perubahan berdampak pada CPNS/CASND formasi 2009 dan 2010. Karena masih ada 160 orang yang belum mengikuti pra jabatan. Rencana kita awal bulan ini sudah prajabatan,” ujar Kepala Bidang Diklat BKDD Nunukan Kaharuddin.

Padahal kata Kaharuddin, pra jabatan merupakan salah satu persyaratan bagi para CPNS/CASN ini untuk bisa diangkat menjadi PNS/ASN. “Dampaknya bagi CPNS/CASN NIK 2010 mereka akan mengalami keterlambatan pengusulan dia sebagai PNS/ASN. Karena berdasarkan peraturan kepegawaian CPNS/CASN bisa menjadi PNS/ASN selambat-lambatnya 2 tahun setelah menjadi CPNS/CASN,” ujarnya.

Yang dikhawatirkan dengan waktu yang sangat terbatas ini, jika hingga Desember pra jabatan belum bisa dilaksanakan tentu para CPNS/CASN ini terancam tidak bisa diangkat menjadi PNS/ASN. “Sudah dua bulan di DPRD KUA PPAS belum disentuh, belum dijadwalkan, ini bisa satu bulan bahkan dua bulan. Padahal 2011 tinggal dua bulan lebih. Maka kalau ini tidak bisa LPJ, dampaknya 160 orang tidak bisa jadi PNS/ASN. Kalau tahun depan mereka lebih susah mengurusnya ke BKN. Itupun kalau BKN mengakomodir, kalau tidak? Bagaimana nasibnya padahal mereka bukan orang bermasalah?” ujarnya.

Sangat disayangkan jika para CPNS/CASN ini tidak memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi PNS/ASN. Apalagi para CPNS/CASN selama ini sudah melakukan penugasan negara bahkan sampai ke pedalaman.
“Kalau mereka bekerja dengan baik tetapi tidak diangkat menjadi PNS/ASN itu melanggar hak asasi dia,” ujarnya.

Sebenarnya BKDD Kabupaten Nunukan dalam APBD murni 2011 telah mengusulkan anggatan pra jabatan untuk sembilan angkatan. Namun setelah anggaran disahkan belakangan keluar aturan baru mengenai penambahan jam pelajaran.

“Sehingga kita harus mengubah dari sembilan angkatan menjadi lima angkatan saja yang bisa kita didik.

Dua angkatan golongan tiga dan tiga angkatan golongan satu dan dua. Kami sudah mencoba menyusun anggaran dan mengusulkan ke APBD P sejak Juli lalu. Kami komunikasikan dengan tim anggaran dan DPPKAD itu diakomodir dalam APBD Perubahan. Hanya saja sampai saat ini belum disahkan,” ujarnya.

Ia berharap, Pemkab Nunukan dan legislatif benar-benar memperhatikan persoalan ini. Sebab keterlambatan pengesahan APBD Nunukan akan bersampak pada hampir semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD). (*)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. I simply want to mention I’m newbie to blogging and definitely enjoyed this web blog. Most likely I’m going to bookmark your website . You actually come with wonderful article content. With thanks for sharing your blog site.

Post a Response

Read previous post:
Pengumuman CASN : Pemprov tak Berani Mutasi PNS Lintas Kabupaten/Kota - CASN 2014

Pemprov Sumut merasa tak sanggup menjalankan tugas memutasi Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) antarkabupaten/kota, sebagai instruksi pusat agar terjadi distribusi pegawai...

Close