Home » Uncategorized » 30 Honorer Batanghari Batal Jadi CPNS/CASN

Tenaga honorer kategori satu, yang sempat dikabarkan akan diangkat jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) di Batanghari, harus mengelus dada. Honorer yang selama ini dapat gaji dari APBD maupun APBN itu tidak jadi diangkat sebagai CPNS/CASN tahun ini.

“Berdasarkan schedule sebelumnya, mereka harusnya akan diangkat paling lama akhir Oktober ini. Tapi ada kebijakan dari menteri yang baru terkait hal ini, dan disebutkan tidak jadi diangkat,” kata Ariansyah, kepala BKD Batanghari, kepada Tribun.

Dia menyebut, sebelumnya sudah hampir dipastikan 30 honorer Batanghari bakal diterima jadi CPNS/CASN. Honorer itu hanya tinggal menunggu keluarnya peraturan pemerintah tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS/CASN. “Kalau saja PP itu sudah keluar, sudah langsung dilakukan pemberkasan di BKN Palembang,” ungkapnya.

Kebijakan penundaan pengangkatan tenaga honorer untuk jadi CPNS/CASN itu berlaku untuk semua honorer kategori satu. “Di Kabupaten Batanghari ada 30 orang honorer kategori satu yang diusulkan untuk jadi CPNS/CASN, kalau secara nasional sekitar 65 ribu orang. Mereka yang sudah nyaris diangkat jadi CPNS/CASN itu saya yakin kecewa atas kebijakan baru ini,” ucapnya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan tahun depan mereka akan diangkat, Ariansyah bilang belum bisa memastikannya. Katanya, kewenangan atas hal tersebut bukan berada di tangan pemerintah daerah, melainkan di tangan pemerintah pusat. “Itu kewenangan pemerintah pusat, kita di daerah ini hanya menjalankan kebijakannya saja,” terangnya.

Disinggung soal nasib honorer kategori dua, Ariansyah bilang nasibnya lebih tidak jelas lagi dibanding kategori satu. Dia tidak bisa memastikan apakah proses pemberkasan honorer kategori dua itu masih akan dilanjutkan.

“Honorer kategori satu saja belum kita ketahui bagaimana nasibnya nanti, apalagi yang kategori dua. Persoalan honorer kategori satu dulu yang diselesaikan baru masuk ke kategori dua,” ungkapnya. Namun dia masih akan mencari informasi yang lebih jelas lagi ke badan kepegawaian nasional.

Kebijakan pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS/CASN merupakan kebijakan yang keluar saat menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi berada di tangan EE Mangindaan. Posisinya kini sudah dipindahkan ke Menteri Perhubungan. Mangindaan digantikan kader PAN, Azwar Abubakar.

Ariansyah meminta supaya tenaga honorer di Kabupaten Batanghari tidak lantas patah semangat atas adanya perubahan kebijakan itu.  Semuanya masih mungkin terjadi. Mungkin bulan depan akan ada pertemuan untuk membahas masalah ini di Jakarta,” terangnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.