Home » Uncategorized » Ada Moratorium, Kemendagri Evaluasi IPDN

Moratorium (penghentian sementara) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN), mulai 1 Oktober 2011 hingga 31 Desember 2012, dicederai dengan diproduksinya CPNS/CASN berasal dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berencana mengevaluasi kebutuhan tenaga terdidik dari sekolah yang di bawah binaan kementriannya itu. “Kami akan evaluasi dengan sejumlah kajian, apakah termasuk dalam moratorium atau tidak,” katanya saat dicegat wartawan di kantornya, Selasa (4/10) siang.

Juru bicara Kemdagri Reydonnyzar Moenek mengatakan, keberadaan IPDN sampai sekarang tetap dibutuhkan. Karena itu untuk manajemen pemerintahan hendaknya dikecualikan dalam moratorium seperti halnya tenaga guru. “IPDN itu lembaga kedinasan yang mengajari knowledge (pengetahuan), perilaku, dan disiplin,” jelasnya kepada wartawan.

Alasannya, kata Reydonnizar, setiap kabupaten dan kota yang terdiri dari 524 wilayah membutuhkan dua tenaga IPDN. Setiap tahun lulusan IPDN sebanyak 1.048 orang untuk disalurkan. “Jadi hal itu bukan masalah konsisten tidaknya dengan program moratorium karena tenaga teknis mestinya termasuk yang dikecualikan.”



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.