Home » Uncategorized » Anak Pejabat Tidak Lulus tes CPNS/CASN 2008-2009

Reformasi birokrasi terus digalakkan Depkeu untuk meningkatkan kinerja. Hal tersebut dilakukan di segala aspek, termasuk pemberantasan praktik nepotisme dalam rekrutmen pegawai negeri sipil (PNS/ASN).

Menkeu sekaligus Pelaksana Jabatan Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati mengatakan, rekrutmen PNS/ASN di lingkungan Depkeu dilakukan dengan kompetisi yang sehat.

"Kita mulai merekrut kalau kemarin fresh graduate 1.900 dan 1.200 untuk Ditjen Pajak sendiri. Itu benar-benar kompetisi dan yang lolos merupakan yang terbaik," kata Menkeu di Kantor Kementrian Koordinator Perekonomian.

Ia mengatakan ada 120.000 aplikasi yang masuk ke Depkeu. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 1 persen yang lolos. "Saya bisa mengatakan kompetisinya sehat karena waktu aplikasi ini dimuat di surat kabar ada 120.000 aplikasi yang masuk. Di antaranya, karena saya 10 bersaudara, ada keponakan saya yang apply, ada keponakannya Pak Darmin (Deputi Gubernur Senior terpilih BI Darmin Nasution), keponakannya Pak Hekinus Manao Irjen saya. Kami bilang, mau memulai lagi dangan KKN atau enggak. Akhirnya kami membiarkan mereka berkompetisi," kata Menkeu.

Ternyata, lanjutnya, semuanya lolos ujian tertulis. Namun, ketika menjalani interview dan ujian fisik, tidak ada satu pun di antara ketiganya yang lolos. "Begitu kena interview rontok semua. Yang terpilih itu best of the best, berarti unggulan. Saya benar-benar bangga," ujarnya.

Karena itu, kata Menkeu, saat pidato di hadapan ribuan PNS/ASN yang diterima, Menkeu menyampaikan tentang kompetisi yang sehat dalam rekrutmen. "Saat pidato, saya bilang kalau ada di antara kalian (PNS/ASN) yang titipan, mending keluar saja sekarang," tuturnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.