Home » Uncategorized » Awas Tertipu Penerimaan CPNS/CASN Awu-awu

Masyarakat pencari kerja di wilayah Surabaya dihebohkan dengan adanya lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN) yang diselenggarakan Biro Perencanaan Kepegawaian Tingkat Nasional (BPKTN) 2012. Sejak Senin (30/4), ratusan pelamar yang mengirimkan lamarannya lewat PO BOX 1769 SB 60017, memenuhi panggilan panitia untuk interview yang dilaksanakan di Gedung Trillium Office &
Residence lantai 2, Jl Pemuda 108-116 Surabaya.

Namun anehnya, banyak di antara pelamar yang merasa sanksi tentang kebenaran lowongan CPNS/CASN tersebut. “Saya sebenarnya telah mendapatkan  panggilan Senin kemarin, tapi karena saya cek di Pemkot Surabaya tidak ada lowongan CPNS/CASN yang diselenggarakan oleh BPKTN maka saya takut mengikuti interview,” jelas salah satu pelamar yang enggan disebutkan namanya.

Keanehan lain, karena lamaran CPNS/CASN itu harus dikirimkan lewat PO BOX. “Iklan lowongan memang ada di koran beberapa waktu lalu. Tapi kok mengirim lamarannya harus ke PO BOX? Terus interview kok di gedung swasta bukannya di kantor pemerintahan?” ujarnya penuh keheranan.

“Ketika saya tidak memenuhi panggilan interview, anehnya ditelepon panitia yang kesannya memaksa saya harus datang. Kemudian panitia juga mengirimkan SMS mengingatkan agar saya datang untuk interview. Mestinya kalau benar-benar penerimaan CPNS/CASN, si pelamar tidak hadir kan langsung gugur,” imbuhnya.

Karena sanksi dan takut tertipu, akhirnya dirinya memutuskan tidak memenuhi panggilan interview tersebut. Alamat BPKTN juga tidak jelas, baik yang di pusat Jakarta, maupun perwakilan di Jawa Timur dan Surabaya. “Saya sudah browsing di internet dan menanyakan ke saluran 108 tetapi tidak ada alamat yang jelas,” timpalnya.

Pelamar lain, Eni, mengaku memenuhi panggilan Selasa (1/5). Menurut panitia, dirinya harus hadir Rabu (2/5) hari ini guna mengikuti psikotest. “Heran saya kok semua pelamar pasti diterima. Bahkan rangkaian interview akan berlangsung hingga Jumat mendatang. Tapi saya ragu dengan penerimaan CPNS/CASN ini benar atau tidak,” tuturnya.

Menurut para pelamar, panitia penerimaan CPNS/CASN ini mengenakan pin burung garuda, bukannya pin KORPRI layaknya yang dikenakan PNS/ASN. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pemkot Surabaya, Yayuk Eko Agustin mengungkapkan jika saat ini tidak ada penerimaan CPNS/CASN, khususnya di Pemkot Surabaya. “Tidak ada penerimaan CPNS/CASN untuk saat ini,” singkatnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.