Home » Uncategorized » Badan Kepegawaian Negara Optimis Bisa Tuntaskan Program Reformasi Birokrasi

Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus dituntut untuk menuntaskan pelaksanaan reformasi birokrasi, terutama dalam sistem penerimaan CPNS/CASN. Program Computer Assisted Test (CAT) pada penerimaan CPNS/CASN yang diterapkan BKN dianggap belum cukup.

Wakil Kepala BKN Eko Sutrisno menyatakan, banyak pihak yang mendorong BKN agar segera melaksanakan reformasi. “Mereka berharap bila BKN sudah melakukan reformasi akan berimbas pada seleksi CPNS/CASN. Karena metode CAT yang merupakan salah satu andalan BKN, pelaksanaannya masih terbatas dan belum menyeluruh ke semua instansi,” kata Eko Sutrisno di Jakarta, Jumat (8/4).

Ia mengakui adanya perubahan dalam hal penilaian atas proses reformasi birokrasi yang mengacu pada grand design dan road map. Jika sebelumnya penilaian reformasi hanya pada tiga aspek saja yaitu Kelembagaan, Ketatalaksanaan dan Sumber Daya Manusia. Namun kini aspek penilaian itu diperluas.

Meski demikian Eko merasa optimis BKN dapat merealisasikannya. Sebagai langkah awal, BKN akan melakukan sosialisasi ke Kantor Regional BKN guna secepatnya menyusun tim internal reformasi birokrasi. Selanjutnya, BKN akan menggali pelaksanaan reformasi birokrasi di tiap-tiap kedeputian (eselon I) hingga tingkat eselon II.

“Saya minta kepada tim untuk dapat menginventarisir proses kerja yang telah dilaksanakan. Pada prinsipnya, tulis yang kita kerjakan dan kerjakan yang kita tulis,” jelasnya.

Sebelumnya Deputi Program dan Reformasi Birokrasi Muhammad Ismail mengatakan, mulai tahun ini pelaksanaan reformasi birokrasi dititikberatkan pada delapan area perubahan yang mengacu pada Permenpan No 20 Tahun 2010. Selain aspek Kelembagaan, Ketatalaksanaan dan Sumber Daya Manusia, penilaian akan diperluas dengan aspek lainnya yaitu Pemahaman Manajemen Perubahan, Kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM, Pelayanan Publik, Pengawasan, Pengendalian dan Monitoring. (Esy/jpnn)

Kumpulan Soal-Soal CPNS/CASN

Arsip List Posting PPCI



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.