Home » Uncategorized » Bantu Pesisir, Pemerintah Gelontorkan Rp 1 Miliar

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengalokasikan dana Rp 1 miliar kepada 162 desa pesisir, pada 54 kabupaten dan kota terpilih dari total 6.639 desa pesisir. Masing-masing kabupaten dan kota akan dipilih tiga desa untuk mendapatkan bantuan modal tersebut.

“KKP menginvestasi desa per desa tiap kabupaten untuk menata dan meningkatkan kehidupan desa pesisir atau nelayan,” kata Sharif C. Sutardjo, Menteri Kelautan dan Perikanan, Kamis, 15 Desember 2011.

Dalam melaksanakan program ini, Kementerian bekerja sama dengan Institut Pertanian Bandung (IPB). Bantuan ini akan dipergunakan oleh masyarakat nelayan dan pembudidaya ikan, meningkatkan pendapatan, dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat nelayan di setiap desa pesisir.

“Bantuan ini kami utamakan untuk desa tertinggal di wilayah pesisir, sekaligus upaya pengentasan kemiskinan,” ujar Sharif.

Desa pesisir yang akan mendapatkan bantuan di antaranya, wilayah Pulau Jawa, dan Kalimantan. Program ini diharapkan bakal menguatkan masyarakat pesisir secara sosial, ekonomi, dan lingkungan. Sebab, masyarakat pesisir di Indonesia masih menghadapi empat persoalan utama.

Empat persoalan utama itu adalah masih tingginya tingkat kemiskinan. Tahun lalu, angka kemiskinan mencapai 7,8 juta jiwa yang tersebar di 10.640 desa pesisir.

Selain itu, masih tingginya kerusakan sumber daya pesisir, masih kurangnya kemandirian organisasi sosial desa dan lunturnya nilai-nilai budaya lokal. Yang terakhir, masih rendahnya infrastruktur desa, dan kesehatan lingkungan pemukiman.

Rektor IPB, Profesor Herry Suhadiyanto, mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan tenaga ahli perikanan untuk melakukan penelitian di desa pesisir. Tujuannya, untuk mengetahui potensi sumber daya perikanan, lingkungan, dan ekologis lainnya.

“Dalam kerja sama ini, ahli perikanan IPB akan melakukan penelitian secara rutin,” kata Herry.

IPB juga akan melakukan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil. Kerja sama ini akan berjalan selama 5 tahun, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa pesisir dan pulau-pulau kecil. “Ruang lingkup kesepakatan kerja samanya adalah penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan ilmu pengetahuan, dan ekologi,” kata dia.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.