Home » Uncategorized » Calon CPNS/CASN Formasi 2011 Harus Siap Ditempatkan di Seluruh Wilayah Indonesia

Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN) tidak bisa lagi tawar-menawar soal lokasi penempatannya. Jika selama ini pernyataan saat disumpah menyebutkan bersedia ditempatkan di mana saja hanya formalitas saja, ke depan tidak bisa lagi.  Aturan ini akan dipertegas di Undang-Undang Pokok-pokok Kepegawaian, yang saat ini masih digodok di tingakat RUU. “Kalau RUU tentang Pokok-pokok Kepegawaian sudah disahkan, otomatis ketentuan itu berlaku,” ungkap Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho, Kamis (5/5).

Di dalam Pasal 23 RUU Pokok Kepegawaian, salah satu indikator pengangkatan CPNS/CASN menjadi PNS/ASN didasarkan pada kesediaan ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. Di samping harus lulus diklat prajabatan, uji kesehatan, dan diusulkan pejabat pembina kepegawaian. “Selama ini, begitu diangkat, CPNS/CASN menyatakan siap. Tapi begitu resmi PNS/ASN, banyak yang menolak ditempatkan di daerah terpencil,” ujarnya.

Penolakan itu terlihat dari sering tidak masuknya PNS/ASN bersangkutan di kantornya. Ada juga yang baru setahun atau dua tahun mengabdi sudah mengajukan surat pindah. “Sudah saatnya pemerintah tegas akan penempatan PNS/ASN. Kalau tidak mau diatur, jangan jadi PNS/ASN,” tegasnya.

Meski demikian, pemerintah masih memberikan kesempatan pada PNS/ASN untuk mengajukan pindah ke daerah yang diinginkannya. Syaratnya, masa pengabdian PNS/ASN minimal lima tahun dan ada persetujuan dua pejabat pembina kepegawaian (daerah asal dan daerah yang dituju). Tanpa itu, PNS/ASN tidak bisa pindah sesuka hati.

“PNS/ASN harus mengubah mindsetnya. Kalau PNS/ASN itu bukan abdi negara tapi abdi masyarakat. Jadi kalau ditempatkan di mana saja, ya harus diterima karena tenaganya dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya. (esy/jpnn)

Kumpulan Latihan Soal CPNS/CASN 2011-2012

Arsip List Posting PPCI



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.