Home » Uncategorized » Cegah Manipulasi Usia, Departemen kesehatan Buat Nomor Identitas Pegawai Baru

Jakarta – Masalah manipulasi usia seperti sudah menjadi rahasia umum bagi karyawan. Untuk mencegah kejadian itu terjadi di lingkungannya, Depkes menggunakan Nomor Identitas Pegawai (NIP) baru.

NIP ini akan digunakan Depkes di seluruh daerah. NIP ini sendiri terdiri dari 18 digit, yaitu 8 digit pertama menunjukkan tahun, bulan dan tanggal lahir CPNS/CASN/PNS/ASN, 6 digit berikut menunjukkan tahun dan bulan pengangkatan CPNS/CASN, 1 digit berikut menunjukkan jenis kelamin (1=pria, 2=wanita) dan 3 digit terakhir menunjukkan nomur urut pegawai. NIP yang berlaku selama ini hanya terdiri dari 9 digit.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Depkes, Lily Sulistyowati dalam siaran persnya.
"Tidak akan ada lagi manupulasi usia. Contohnya bagi PNS/ASN yang sudah berumur 58 atau 59 tahun tidak bisa dimundurkan usianya 1 atau 2 tahun lebih muda," ujar Lily mengutip pernyataan Sekretaris Jenderal Depkes, Sjafii Ahmad.
Selain itu, NIP ini juga akan langsung menjadi identitas pada kartu pegawai. Depkes sendiri mengklaim bahwa dirinya adalah departemen pertama di Indonesia yang menerapkan Kartu Pegawai Elektronik (KPE) sebagai Kartu Identitas Pegawai di lingkungan Depkes Pusat dan UPT Depkes di daerah-daerah.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. Mohon koreksi untuk batas usia penerimaan dokter spesialis,…n tahun lalu berkas saya dikembalikan karena usia 35 tahun 4 bulan. Mohon untuk tidak disamakan dengan S2 jurusan lain

  2. Saya lulus dokter usia 26 tahun, PTT 3 tahun, kemudian bekerja di RS Swasta 1 tahun, sekolah dokter spesialis dengan biaya sendiri, selesai dalam 9 semester, bedah umum, saat selesai usia 35 tahun 4 bulan, kemudian mendaftar CPNS 2008, berkas dikembalikan karena kelebihan usia… ,emurut peratutan yang ada saya baru bisa ikut tes saat usia 39 tahun nanti,untuk memenuhi masa kerja yang 11 tahun lebih.