Home » Uncategorized » Dinas Pertukaran Akademik Jerman (DAAD) Tawarkan Beasiswa

DAAD Tawarkan Beasiswa
Jajaki Kerja Sama Dengan UIN Sunan Kalijaga

Setelah dikunjungi oleh mufti Rusia, civitas akademika UIN Sunan Kalijaga kembali menerima tamu dari luar negeri. Kali ini, giliran rombongan dari Direktur Dinas Pertukaran Akademik Jerman (DAAD) yang datang. DAAD merupakan organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman.
Rombongan DAAD di Jakarta terdiri dari Dr Helmut Buchholt, dan Ilona Krueger Rechman, MA. Selain itu juga didampingi staf DAAD di Jakarta Made Kurniawati dan Endah. Rombongan diterima oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. H. Musa Asy’arie.
Dr Helmut Buchholt mengatakan, kedatangan mereka ke UIN Sunan Kalijaga untuk membicarakan peluang kerja sama pengembangan pendidikan dengan universitas di Jerman. Bentuknya berupa beasiswa studi lanjutan ke universitas di Jerman. Terkait pendanaan kerja sama, menurut Helmut, akan difasilitasi oleh DAAD.
Dikatakan, DAAD telah banyak meluluskan kalangan akademisi Indonesia, yang pada akhirnya kembali ke lembaga masing-masing yang menaunginya sebelum belajar ke Jerman. Karena itu, kerja sama bidang pendidikan ini diharapkan dapat berjalan dengan baik. “Maksud kedatangan kami untuk membicarakan peluang kerja sama pengembangan pendidikan,” tandasnya.
Ditambahkan oleh staf DAAD Made Kurniawati, untuk mendapatkan beasiswa dari DAAD harus lolos seleksi terlebih dahulu. Agar bisa lolos, tidak harus menguasai bahasa Jerman, tetapi cukup dengan kemampuan berbahasa Inggris. Selain itu, program studi yang diajukan juga mesti sesuai dengan program studi yang ditawarkan beasiswa dari DAAD.
“Bagi yang lolos seleksi, dapat membawa keluarganya untuk ikut serta. Untuk biaya tak perlu khawatir, karena biaya hidup dan kesehatan keseluruhan ditanggung DAAD. Tahun ini, DAAD sudah mulai membuka pendaftaran beasiswa studi lanjut. Untuk info lebih lanjut bisa datang ke German Corner di Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga,” tuturnya.
Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. H. Musa Asy’arie menyambut baik jalinan kerja sama pengembangan pendidikan dari DAAD. Apalagi para mahasiswa yang mengikuti presentasi terlihat antusias untuk mengikuti proses seleksi untuk lolos beasiswa DAAD.

Kumpulan Soal Soal CPNS/CASN

Arsip List Posting PPCI



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.