Pengumuman CASN : DPRD sangsi pengajuan rekrutmen CPNS/CASN disetujui BKN - CASN 2014

By | 30/11/2011

Komisi I DPRD Karanganyar meyakini pengajuan rekrutmen CPNS/CASN 2011 yang diajukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), akan ditolak.
Pasalnya, dengan melihat komposisi penduduk, luas wilayah, kemampuan APBD dan jumlah PNS/ASN yang berlebihan,

Sekretaris Komisi I, Teguh Widayatmo mengatakan, rekrutmen CPNS/CASN sudah termasuk klausul APBD. “Kalau tidak menganggarkan rekrutmen itu, tidak mungkin terlaksana. Rekrutmen itu mau dilaksanakan pakai apa? Logikanya kan seperti itu,” ungkap Teguh saat ditemui wartawan di Gedung DPRD Karanganyar, Rabu (26/10/2011).

Namun apa yang dilakukan BKD, sebetulnya juga tidak melanggar moratorium, karena daerah sudah diberi wewenang untuk menggelar pemerintahan sendiri. Bila memang sangat membutuhkan penambahan, daerah boleh mengajukan. Tapi BKN juga akan melihat seberapa kemampuan daerah untuk mengakomodasinya. “Saya punya keyakinan itu tidak akan dikabulkan,” ujarnya.
Karena itu, kata dia, Komisi I tidak menyetujui rekrutmen CPNS/CASN 2011. Alasannya karena ada moratorium. Kedua, dengan rekrutmen itu maka akan membebani anggaran. Bila menambah PNS/ASN terus, maka akan mengorbankan kepentingan rakyat. Sebab PNS/ASN di Karanganyar yang berjumlah sekitar 13.000 orang, tidak sebanding dengan jumlah penduduk Karanganyar yang berkisar 900.000 jiwa. Sementara APBD kebanyakan tersedot untuk menggaji 13.000 orang itu, daripada untuk mengurus 887.000 orang sisanya. “Nyaris untuk pos anggaran pengadaan barang dan jasa, belanja modal, itu hanya 9 persen. Itu sangat tidak sehat,” papar Teguh.

Padahal bila dilihat, kata Teguh, kerja PNS/ASN tidak begitu membutuhkan tekanan yang tinggi, sebab mereka hanya sebagai tenaga administratif dan tidak menghasilkan barang. Sebetulnya, lanjut dia, beban kerja PNS/ASN sebulan bisa dirampungkan hanya dalam sepekan.

Kendati tenaga pengajar di SD masih ada yang kurang, terangnya, itu pun sebetulnya bisa diakali, yakni dengan menggeser guru. Misalnya di salah satu sekolah kelebihan guru, maka bisa digeser ke daerah lain yang masih kekurangan guru, biasanya di daerah pelosok. Daripada menambah formasi umum, ia mengusulkan lebih baik formasi tenaga honorer ini dikumpulkan lalu dipilih, sehingga bila ada kekurangan orang bisa diambilkan dari situ.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Karanganyar, Mulyono menambahkan, moratorium itu memiliki sisi menguntungkan dan merugikan. Keuntungannya memang bisa menghemat APBD. Tapi pembayaran gaji PNS/ASN itu pun sebetulnya diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) pusat. Sedangkan sisi lain yakni bisa menghambat orang yang ingin menjadi PNS/ASN.

Uncategorized
Author: adminppci

Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI)

2 thoughts on “Pengumuman CASN : DPRD sangsi pengajuan rekrutmen CPNS/CASN disetujui BKN - CASN 2014

  1. Andrew Pelt

    I simply want to say I’m beginner to weblog and seriously enjoyed this page. Almost certainly I’m planning to bookmark your blog . You absolutely come with impressive articles. Bless you for revealing your webpage.

  2. sadra

    Padahal bila dilihat, kata Teguh, kerja PNS tidak begitu membutuhkan tekanan yang tinggi, sebab mereka hanya sebagai tenaga administratif dan tidak menghasilkan barang. Sebetulnya, lanjut dia, beban kerja PNS sebulan bisa dirampungkan hanya dalam sepekan.

    November 30th, 2011 • Related • Filed Under

    PPCI: DPRD sangsi pengajuan rekrutmen CPNS disetujui BKN – PPCI CPNS 2011 | pengumuman lowongan cpns 2011-2012

    (saya komentari pernyataan ini, tapi mohon maaf kalau saya komentari tidak pada tempatnya)
    Indonesia ini negara yang sangat kacau sebenarnya, tidak semua tenaga adminitrasi pekerjaannya sedikit saya sebagai tenaga adminitrasi dalam membuat laporan kepada atasan dan institusi sering lembur, lembur sering tidak dibayar, dan yang lebih buruk lagi lembur makan siang uang kantong sendiri harus keluar.
    Dan pengalaman buruk yang pernah saya alami, saya pernah di maki-maki dan di marah-marah oleh atasan karena pekerjaan adminitrasi ada yang tidak selesai. Walaupun kami sebagai tenaga adminitrasi tidak menghasilkan barang secara moral kami memeiliki tanggung jawab tinggi. Sekali lagi maaf sy tenaga honorer yang terkatung-katung. Semoga Tuhan juga mendengar penderitaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *