Home » Uncategorized » DPRD Sukabumi Dukung Penghentian Penerimaan PNS 2011

DPRD Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendukung keluarnya moratorium atau penghentian sementara penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN). Alasannya, akan menghemat anggaran belanja pegawai. “Kita sangat mendukung adanya moratorium CPNS/CASN. Sebab, saat ini bukan jumlah yang harus ditambah melainkan kualitas atau pelayanan yang perlu ditingkatkan,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Suwanda Somawinata kepada Pos Kota, Jumat (22/7).

Dijelaskan Wanda, sapaan akrab Sowanda Somawinata, moratorium CPNS/CASN berimbas kepada penghematan anggaran. Disebutkannya, dari APBD 2011, sekitar 70% terkuras untuk biaya tidak langsung (BTL), salah satunya belanja pegawai. Sementara sisanya merupakan anggaran biaya langsung (BL) untuk kepentingan rakyat.

Menurut Wanda, manajemen produktifitas PNS/ASN saat ini harus dimaksimalkan. Pasalnya, tidak sedikit kinerja PNS/ASN yang memble. Malah, dengan jumlah PNS/ASN yang banyak tak menutup kemungkinan akan saling mengandalkan pekerjaan.

“Coba lihat di beberapa instansi, ada PNS/ASN yang tidak punya pekerjaan. Mereka hanya bisanya diam dan luntang- lantung. Sehingga harus ditindaklanjuti dengan evaluasi karena tidak semua PNS/ASN, produktif,” tegasnya.

Lebih lanjut Wanda mengatakan, yang perlu ditambah yakni profesi tertentu yang belum dimiliki semua instansi. Akuntan, misalnya, sekarang belum semua dinas memilikinya. “Nah, kenapa tidak dibina saja PNS/ASN yang ada untuk mengisi kekosongan itu. Itu akan lebih efektif,” imbuhnya.

Pemerhati pemerintahan, B Rudianto menilai Pemkab Sukabumi seharusnya mengkaji lebih dalam apabila memberlakukan moratorium CPNS/CASN. Menurutnya, luas wilayah dan jumlah penduduk yang banyak di Kabupaten Sukabumi harus disesuaikan dengan jumlah PNS/ASN-nya.

“Jangan sampai, dengan adanya moratorium berimbas kepada membludaknya pekerjaan yang tak diimbangi dengan jumlah pegawai. Terutama di Kabupaten Sukabumi yang wilayah luas,” ujarnya.

Download Soal-Soal CPNS/CASN Indonesia



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. PEJABAT SEKARANG EGOIS. DULU SEBELUM JADI PEJABAT HIDUP SUSAH. SEKARANG SUDAH JADI PEJABAT MELUPAKAN RAKYAT.

  2. wow, awesome blog.Really thank you! buy accutane online