Home » Uncategorized » Gaji ke-13 PNS Pemko Pekanbaru Dicairkan Minggu ke-2 Juli 2010

Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru harus sedikit bersabar, sebab pencairan gaji ke-13 PNS/ASN baru bisa dicairkan pada pekan ke-2 Juli mendatang.
Kondisi tersebut disebabkan karena saat ini Pemko sedang melakukan pendataan untuk seluruh pegawai, baik yang pindah atau mutasi keluar daerah, pensiun atau yang meninggal dunia menjelang akhir Juni ini.

‘’Ya kita sudah menerima surat perintah pencairan. Namun kita masih melakukan pendataan pegawai yang aktif dan terdata sampai akhir Juni ini. Jika semuanya sudah selesai, maka pekan ke dua Juli gaji 13 sudah dapat dicairkan,’’ papar Kepala Bagian Keuangan Setko Pekanbaru Dasrizal kepada Riau Pos, Selasa (29/6).

Menurutnya, surat peraturan pemerintah tentang pencairan gaji 13 PNS/ASN memang tertera dari Juni-Juli 2010.

Namun untuk memaksimalkan pendataan dan tidak dilakukannya pemotongan selain pajak, maka Pemerintah Kota Pekanbaru mengambil kebijakan untuk mencairkannya pada pertengahan Juli mendatang.

‘’Semua data harus kita verifikasi lagi. Sebab jika ada PNS/ASN yang pindah dan pensiun pada Juni. Maka gaji 13 nya tidak akan diberikan,’’ tegas Dasrizal.

Kendati demikian, Pemerintah Kota Pekanbaru telah mengganggarkan dana sekitar Rp28 miliar untuk pencairan dana tersebut.

‘’Kita tidak bermaksud menunda-nunda pencairan gaji 13. Namun ketika pendataan dan verifikasi sudah matang, maka dana tersebut akan segera dicairkan,’’ tambahnya.

Gaji 13 memiliki beberapa keunggulan dibanding gaji biasanya, karena untuk gaji ini, pegawai tidak akan dikenakan pemotongan beberapa tunjangan, baik tunjangan kesehatan maupun tunjangan lainnya.

Hanya saja, terdapat pemotongan pajak yang merupakan pemotongan wajib setiap bulannya. Artinya pegawai akan mendapat gaji murni sesuai kepangkatannya.(rio) ref : riaupos



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.