Home » Uncategorized » Gaji pendidik, guru, dan dosen akan mengalami kenaikan hingga lebih dari 50 persen pada 2010

JAKARTA, KOMPAS.com ? Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa gaji pendidik, guru, dan dosen akan mengalami kenaikan hingga lebih dari 50 persen pada 2010.

"Dengan adanya kenaikan anggaran pendidikan menjadi minimal 20 persen dari belanja negara, yang mendapat cukup banyak adalah para pendidik, guru, dan dosen," kata Menkeu di Gedung DPR Jakarta, Rabu (3/6).

Menkeu menyebutkan, kenaikan gaji PNS/ASN dan anggota TNI/Polri pada 2010 hanya akan mencapai 15 persen, itu pun termasuk uang lauk pauk.

"Khusus untuk pendidik, guru, dan dosen, kenaikannya akan lebih dari 50 persen dan akan dihitung berdasarkan golongannya," katanya.

Menurut Menkeu, yang juga agak aneh adalah bahwa pemerintah melalui APBN juga harus membayar tunjangan profesi kepada pendidik, guru, dan dosen swasta. "APBN juga harus membayar tunjangan profesi guru dan dosen non-PNS/ASN asal mereka bersertifikat. Ini mengikuti ketentuan UU tentang pendidikan," katanya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. maaf kami dosen tidak percaya dengan pemerintah. yang kami mohon dari pemerintah tolong jangan selalu berjanji yang pada akhirnya tidak pernah ditepati dan media massa tolong jangan dibesar-besarkan gaji dosen, seakan-akan bahwa gaji dosen besar atau naik. yang ingin saya samapaikan kepada media sesungguhnya gaji dosen kecil dan setiap tahun dijanjikan naik tetapi itu tidak pernah terjadi, gaji dosen kecil yakni Gol IIIA dan IIIB 1,8 juta sedangkan gol IIIc sekitar 2 jutaan. dengan gaji yang kecil tersebut dosen pns ditugaskan negara untuk menjalankan 3 tugas yakni (1)mengajar atau sebagai guru profesional, (2) melaksankan penelitian atau sebagai peneliti(dosen diharuskan melakukan penelitian dan disuruh mencari biaya penelitian sendiri, kemana saja (perusahan/instansi/orang kaya)yang mau membantu membayai penelitian tetapi kalu tidak dapat sponsor maka terpaksa masing-masing dosen gunakan biaya sendiri , sungguh hal ini menyakitkan hati , dengan gaji dosen pns yang kecil, kami dosen harus membiayai biaya penelitian kami padahal dengan besar gaji demikian hidup sehari-hari aja sudah tak cukup), (3)dosen melakukan pengabdian masyarakat. dosen bukan hanya mengajar seperti guru atau melakukan penelitian sepert peneliti tetapi juga dosen melakukan penyuluhan ke desa-desa, atau buat pelatihan kepada masyarakat dan kegiatan lain yang membantu untuk meningkatkan kesejatraan masyarakat, biayanya kalau tidak ada perusahan/instansi lain yang dukung maka terpaksa masing-masing dosen gunakan biaya sendiri lagi. Sungguh dosen PNS adalah pekerjaan yang sangat menyakitkan hati.(ada sertifikasi dosen, tetapi itu tidak mudah lebih sulit dari sertifikasi guru, untuk memenuhi persyaratannya mungkin kami membutuhkan waktu sekitar 20 – 30 tahun. daripada ngurus sertifikasi lebih baik kami memperbanyak mancari pekerjaan diluar kampus).

  2. Yah, saya juga setuju yang dosen PNS saja mengeluh, apalagi kami dari swasta yang gajinya tergantung yayasan, jika yayasan sedang pailit kecenderungan gaji kami dipotong, sungguh mengenaskan, apalagi sertifikasi dosen yang prosedurnya susah, membuat saya merana….. tunjangan hanya impian saya di siang bolong……….