Home » Uncategorized » Gubernur SUMBAR: 70% SDM PNS Sumbar Tak Layak

 Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengeluhkan kualitas sumber daya manusia di institusi yang dia pimpin. Menurut Irwan, 70 persen pegawai negeri sipil di Pemerintah Provinsi Sumbar tak bisa diandalkan. “Saat ini, 70 persen dari 8.000 PNS/ASN di lingkugan Pemprov Sumbar tidak mampu bekerja,” kata Irwan Prayitno saat refleksi satu tahun kepemimpinannya bersama Muslim Kasim, di Padang, Senin 15 Agustus 2011.

Menurut dia, hanya 30 persen PNS/ASN di jajarannya yang mampu bekerja sesuai dengan kebutuhan. Kondisi tidak efektif ini muncul karena sekitar 2.500 PNS/ASN ini berasal dari tenaga honorer yang rekruitmennya bermasalah.

Dia mengatakan, pegawai yang tidak cakap itu menjadi beban tersendiri bagi pemerintah daerah Sumbar. “Kalau main pecat saja susah, kita bukan swasta. Menonjobkannya pun susah, ini beban bagi pemerintah daerah,” tambah Irwan.

Untuk memperbaiki kondisi SDM pegawai di lingkungan Pemprov Sumbar tersebut, Irwan berharap menteri dalam negeri mengizinkan rekruitmen PNS/ASN diadakan tahun ini. Menurutnya, hal ini penting untuk meningkatkan persentase PNS/ASN yang mampu bekerja dengan baik.

“Jika Mendagri mengizinkan, kita akan adakan tes CPNS/CASN untuk menambah angka 30 persen PNS/ASN yang bagus,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar mengatakan beban anggaran belanjapegawai di lingkungan pemprov Sumbar mencapai 70 persen dari total pendapatan daerah. Hal ini dinilai tidak efisien secara penggunaan anggaran. Moratorium PNS/ASN yang ditawarkan Mendagri tak luput dari efisiensi penggunaan anggaran untuk belanja pegawai.

Syarat Ketat

Beberapa waktu lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga melakukan pembahasan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS/ASN. Menurut SBY, pengangkatan tenaga honorer itu harus melalui persyaratan yang ketat.

SBY mengakatan pemerintah juga harus menghitung secara cermat kebutuhan pegawai negeri. Kebutuhan pegawai tersebut, menurut dia, bukan hanya dalam kegiatan penyelenggara negara, tetapi juga lembaga negara lainnya.

Menurut dia, urusan menata pengawai di pemerintah daerah termasuk pengangkatan honorer harus direncanakan dan dikalkukasikan dengan  tepat dan benar. “Kita ingin permudah setiap urusan tapi itu semua harus berangkat dari tatanan yang baik,” kata Yudhoyono. (ren)

Download Soal-Soal CPNS/CASN Indonesia



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. I simply want to tell you that I am all new to blogging and certainly liked your website. Probably I’m going to bookmark your blog . You certainly have impressive posts. Thank you for sharing with us your web page.