Home » Uncategorized » Gugatan CPNS/CASN, PT kuatkan putusan PN Medan

Hakim Pengadilan Tinggi Medan menguatkan keputusan PN Medan terkait gugatan 17 CPNS/CASN Pemko Medan yang dinyatakan kalah dalam seleksi penerimaan CPNS/CASN Pemko Medan. Kuasa Hukum penggugat dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Ahmad Irwandi Lubis dan Surya Adinata  kepada wartawan, hari ini menyatakan, PT memutuskan menguatkan putusan PN Medan tanggal 26 Oktober 2011, Nomor.69/PDT.G/2011/PN-Mdn, yang dimohonkan Banding tersebut.

Sekitar  1.219 warga Kota Medan melalui mekanisme Gugatan Citizen Law Suite menggugat Pemko Medan ataskalahnya  17 CPNS/CASN Pemko Medan yangs ebelumnya dinyatakan menang.

“Putusan Pengadilan Tinggi Medan, tertanggal 05 April 2012, nomor : 70 PDT./2012/PT.MDN, yang dimintakan Banding oleh Pemko Medan, kembali menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Medan sebelumnya, yang memenangkan para Penggugat yang diwakili oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan. Putusan Pengadilan Tinggi Medan tersebut amarnya menerima permohonan Banding dari pihak Tergugat/Pembanding”, ujar keduanya.
LBH Medan sebagai kuasa penggugat menggugat Pemko Medan sesuai Nomor.69/PDT.G/2011/PN-Mdn,  tertanggal 26 Oktober 2011.

Dalam peradilan tingkat pertama di PN Medan dalam putusannya Majelis Hakim memutuskan bahwa Pemko Medan telah melakukan perbuatan melawan hukum, dengan tidak meluluskan 17 Peserta CPNS/CASND Kota Medan
Kemudian dalam putusan itu juga Pemko Medan diperintahkan untuk meminta maaf kepada 17 CPNS/CASND Kota Medan yang telah dirugikan baik secara materil maupun immaterial. Permohonan maaf dimaksud dilakukan melalui 2 (dua) media cetak dan 2 (dua) media elektronik yang ada di Sumatera Utara.

Dalam putusan majelis hakim juga memerintahkan Pemko Medan diperintahkan merubah sistem perekrutan CPNS/CASND Kota Medan ke depan sehingga tidak menimbulkan kerugian  bagi masyarakat. Selain itu juga, memerintahkan Pemko Medan selaku tergugat membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara dimaksud.

“Kami menilai sesuai dengan tuntutan atau Petitum Gugatan, bahwa Pihak Tergugat serta merta harus mengakomodir pengangkatan 17 CPNS/CASND berdasarkan Putusan Hakim Perbuatan Melawan Hukum oleh Pemko Medan,” imbuhya.

Lembaga Bantuan Hukum Medan meminta kepada Pemko Medan selaku tergugat agar serta merta menerima, mematuhi seraya melaksanakan Putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan Jo Pengadilan Tinggi Sumut dimaksud. “Kami berharap Pemko Medan menerima keputusan ini, lalu melaksanan putusan majelis hakim”, pungkasnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.