Home » Uncategorized » Guru Bantu Angkatan 2004 Bakal Diangkat jadi Pegawai Negeri

Para guru bantu nasional yang direkrut pada 2004 atau tenaga honorer kategori I (dibiayai APBN atau APBD) kembali mendapat angin segar. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa mereka akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) tahun ini.
Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat menjelaskan, pengangkatan ini bakal diumumkan setelah PP tentang Tenaga Honorer disahkan. Menurutnya, selama PP tersebut belum disahkan, pihaknya belum bisa memastikan mekanisme pengangkatan para tenaga guru bantu nasional tersebut.

Apakah guru bantu itu langsung mendapatkan SK CPNS/CASN atau masih harus mengikuti seleksi dan bersaing antar sesama guru bantu? Yang jelas, setelah diterima menjadi CPNS/CASN mereka wajib mengajar di sekolah negeri baik tingkat SD, SMP, atau SMA.
Skenario pengangkatan dengan model seleksi antar sesama guru bantu nasional cukup beralasan, mengingat jumlah mereka cukup banyak. Jumlah guru bantu nasional yang direkrut pada 2004 mencapai 71.309 orang. Itu belum digabung dengan tenaga honorer nonguru. “Lebih jelas bagaimana nanti mekaniseme pengangkatannya, tunggu PP-nya,” ucap Tumpak.
Sambil menunggu pengesahan PP tentang Tenaga Honorer, Tumpak menuturkan jika pihaknya sudah melaksanakan verifikasi sekaligus validasi data guru bantu nasional angkatan 2004. Pengecekan itu di antaranya untuk memastikan jika yang bersangkutan telah memegang SK Mendiknas dan keterangan bahwa selama ini mendapatkan gaji dari APBN atau APBD. BKN akan melansir nama-nama guru bantu nasional yang lolos verifikasi dan validasi setelah PP tentang Tenaga Honorer disahkan.
Sebelum proses pengangkatan guru bantu nasional ini berjalan, perlu ada pemetaan dan distribusi pegawai yang tepat. Terutama di tingkat dareah. Cara ini perlu supaya tidak terjadi ketimpangan jumlah pegawai di satu daerah dengan daerah lainnya. “Tenaga pendidik PNS/ASN harus tersebar secara merata,” pungkas dia.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 4 Responses So Far. »

  1. Bagaimana dengan guru Bantu sementara tahun 2000 padahal mereka perintis guru bantu itu loh.

  2. semoga PP terbit dalam bulan agustus ini sebagai hari kemerdekaan indonesia dan kemerdekaan guru dan dosen honorer indonesia amin..keluar pulalah nama-nama kami amin…semoga bapak dan ibu BKN diberkati Tuhan Yang Maha Kuasa amin…

  3. Alhamdulilla walaupun tanpa jadi PNS pun sampai saat ini saya sudah mengalami perubahan ekonomi yang sangat signifikan, yang gaji hanya cukup untuk seminggu selanjutnya pusing cari sampingan tapi sekarang no!Allah SWT, Telah memberikan jalan untuk lebih ikhlas dalam mengajar tanpa harus memikirkan kapan saya menjadi cpns! Mudah-mudahan semua guru honorer di Indonesia mengikuti jejak saya dan guru-guru lain yang sudah bergabung, tanpa harus memikirkan kapan diangkat jadi cpns yang tidak pernah jelas! Amiiin…!

  4. Ass.Buat PP Tanggung Amat 31 Desember 2005 Artinya 1 tahun kurang 1 hari, seharusnya buat pp Pas/Afdhol/Penuh tanggal 1 januari 2006 itu yang baru enak dilihat/enak dipanda. Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus/Ramadhan/Syawal (Dihabiskan)) itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) ” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)”, itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, TENANG DAN BAIK(di dalam dan di luar), Biar Tidak Ada Lagi Keceburuan/Resah/ Khawatir Semua Guru Honorer/ Tanpa Dipungut Biaya(tanpa minta uang sama guru honorer”oknum”) Dan Kalau Bisa Dibantu Secara Gratis/Ikhlas. Jadi tolonglah/kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 2015 dst (yang ditulis seperti diatas)” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Dan Olah Raga, yang penting ngajarnya dikelas menggunakan Buku-Buku Disekolah (kompetensi) biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung) dan Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass