Home » Uncategorized » Guru Penjaskes Diusul Masuk CPNS/CASN

Disaat kebijakan moratorium penerimaan CPNS/CASN baru masih bergulir, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendapatkan kenyataan pahit. Ternyata sampai saat ini mereka kekurangan guru pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes).

Plt Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud Suyanto mengatakan, pihaknya sampai saat ini terus berupaya memenuhi kekurangan guru penjaskes atau olah raga tersebut. “Kita sudah memasukkan pertimbangan perekrutan tenaga baru ke Kemen PAN-RB,” kata dia. Namun, Suyanto belum memiliki rincian jumlah kekurangan guru penjaskes.

Menurut Suyanto, ada beberapa alasan dari fenomena minimnya guru penjaskes ini. Penyebab yang pertama adalah, masih minimnya calon mahasiswa yang berminat menjadi guru penjaskes. Dia menegaskan, posisi guru penjaskes masih kalah popular ketimbang guru-guru mata pelajaran utama. Seperti matematika, bahasa Indonesia, IPA, dan IPS.

Rendahnya minat calon mahasiswa kuliah di jurusan guru penjaskes itu, disebabkan karena jam mengajar penjaskes di sekolah cukup sedikit. Rata-rata, setiap satu rombongan belajar hanya menyediakan alokasi pelajaran penjaskes hanya dua jam pelajaran per minggu.

Selain disebabkan karena minat dari calon mahasiswa yang minim, kurangnya guru penjaskes disebabkan karena akses belajar yang belum menyebar. Suyanto mengakui, jika masih banyak kampus-kampus yang belum memiliki jurusan khusus mencetak guru penjaskes.

Suyanto berharap sedikitnya guru penjaskes ini tidak diperparah dengan pelaksanaan moratorium CPNS/CASN. Untuk itu, dia berharap pada masa penghentian ini Kemendikbud tetap boleh mengangkat CPNS/CASN baru untuk formasi guru penjaskes.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 4 Responses So Far. »

  1. saya seorang guru pennjaskes sd non PNS . bagaimana saya bisa jadi PNS ya? untuk penempatan saya pasrah saja.hubungi saya di 085728903151 terimakasih

  2. saya seorang guru penjasorkes sd non PNS Bagaimana cara bisa jadi PNS Penempatan kami siap di manapun kami siap saya lulusan dari FIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.hubugi saya di 085291015328 terimakasih.

  3. Mohon diperhatikan Tenaga Pendidik Penjaskes di Sekolah Dasar,, Baik dari Latar Belakang Pendidikan ataupun Kemampuan Akademik’y. Guru Penjaskes di Sekolah Dasar lebih di kuasai oleh lulusan PGSD PENJAS. Semoga dalam rekrutmen Guru Penjas untuk Sekolah Dasar lebih selektif Lagi. Tidak kayak tahun2 kemarin,Semua Program Studi yg b’unsur olahraga bisa mendaftar,carilah orang ahli dari orang2 yang berpengeahuan pada bidang keahliannya 🙂
    “SUKSES MEMBANGUN BANGSA”

  4. I just want to say I’m very new to weblog and actually savored this web-site. Very likely I’m planning to bookmark your site . You actually have awesome well written articles. Kudos for revealing your web-site.