Home » Uncategorized » HAMPIR SATU TAHUN MORATORIUM CPNS/CASN ; Redistribusi PNS Jalan di Tempat

Hampir satu tahun setelah moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN), redistribusi pegawai sebagai upaya memacu profesionalitas, cenderung berjalan di tempat. Ketiadaan standar kompetensi di satu sisi dan keberagaman tugas dan fungsi pegawai di sisi lain, menjadi salah satu kendala redistribusi hingga penempatan PNS/ASN mencapai tataran ideal.

Boleh disebut, ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, moratorium hanya terhenti pada penundaan penerimaan CPNS/CASN baru tanpa langkah lanjutan berarti. Dari pemerintah pusat memang tidak ada semacam acuan jelas untuk redistribusi, tambahnya menjawab wartawan di Balaikota Solo, Rabu (15/2), sehingga pelaksanaan di lapangan menghadapi persoalan sangat beragam.
Sebagai gambaran disebutkan, PNS/ASN dengan latar belakang bidang pendidikan yang sama, belum tentu memiliki kompetensi sepadan untuk menduduki pos tertentu. Belum lagi persyaratan administratif untuk menempatkan seorang PNS/ASN harus mengacu pada aturan-aturan tertentu yang tak bisa diabaikan begitu saja. Berbeda dengan guru, misalnya, mereka telah terpilah-pilahkan dengan berbagai hal, seperti bidang studi, jenjang pendidikan, sertifikat kompetensi dan sebagainya, sehingga redistribusi relatif gampang.
Belum Maksimal
Menjawab pertanyaan tentang penataan ulang PNS/ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sendiri terkait dengan moratorium, Budi mengakui belum bisa dilakukan secara maksimal. Apalagi jika sudah mengarah pada pensiun dini bagi PNS/ASN yang secara profesionalisme sama sekali sudah tak bisa ditingkatkan, hampir tak mungkin dilakukan, selain belum ada aturan yang jelas juga menyangkut ketersediaan anggaran.
Langkah pensiun dini untuk mengefektifkan pegawai, menurutnya, mesti diikuti dengan kompensasi berupa pesangon, dan itu memerlukan anggaran cukup besar. Di sisi lain, keberadaan PNS/ASN bersangkutan tetap membebani anggaran, sebab setiap bulan harus memberikan gaji, sementara pemanfaatan tenaga mereka bernilai rendah.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. Thank you ever so for you article post.Really thank you! Awesome.