Home » Uncategorized » Honda dan Toyota Raih Kendaraan Ramah Lingkungan

Dua kendaraan bermotor roda empat masing-masing produksi Honda dan Toyota terpilih sebagai kendaraan paling ramah lingkungan versi Kementerian Lingkungan Hidup. Kendaraan itu adalah Honda CR-V RE3 2WD 2.4 CKD A/T dan Toyota Fortuner 2.5 GM/T, dua jenis kendaraan rendah emisi dan rendah konsumsi bahan bahar.

Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup M.R. Karliansyah mengatakan, Honda CR-V dan Toyota Fortuner  terpilih sebagai kendaraan ramah lingkungan setelah melalui serangkaian pengujian oleh tim kementerian.

Kedua jenis kendaraan itu, bersama 31 unit kendaraan lain dari jenis berbeda, adalah kendaraan tipe baru yang diuji dalam penilaian program “Langit Biru 2011?.  “Konsumsi bahan bakarnya paling sedikit, hemat, emisinya juga kecil,” ujar Karliansyah dalam konferensi pers di Hotel Dharmawangsa, Rabu 14 Desember 2011.

Ia mengatakan, Honda CR-V mewakili satu dari enam kendaraan kategori berbahan bakar bensin. Adapun Toyota Fortuner adalah satu dari 27 kendaraan berbahan bakar solar yang ikut diuji. “Masyarakat bisa tahu mana (kendaraan) yang hemat dan ekonomis, bisa menyumbang buat lingkungan,” kata dia.

Asisten Deputi Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup Ade Palguna menyatakan, kendaraan tipe baru adalah kendaraan-kendaraan yang belum dilepas ke pasar. Ia mengatakan 33 jenis kendaraan yang diuji tahun ini merupakan sampel-sampel yang diambil dari showroom.

“Apakah memang kendaraan yang belum dijual masih sesuai baku mutunya dengan kendaraan pada saat 2010 itu dilepas ke pasar,” kata Ade menerangkan.

Dalam “Public Expose Langit Biru 2011?, Kementerian Lingkungan Hidup menyoroti dua hal, yaitu evaluasi kualitas udara perkotaan dan evaluasi penaatan baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru.

Melalui evaluasi penataan baku mutu emisi gas buang, Kementerian ingin mendorong industri otomotif untuk memproduksi kendaraan bermotor rendah emisi dan rendah konsumsi bahan bakar sesusi teknologi terbaik yang tersedia saat ini.

Untuk mewujudkan hal itu, Kementerian melakukan evaluasi terhadap kendaraan-kendaraan tipe baru secara random sampling. Parameter yang dipantau meliputi emisi CO, HC, PM, NOX, CO2, dan konsumsi bahan bakar.

Hasil pengujian dibandingkan dengan nilai rendah emisi sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 252 Tahun 2004 tentang Peringkat Hasil Uji Tipe Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. Very good blog.Really thank you! Fantastic. buy accutane overnight

  2. Thanks for sharing, this is a fantastic post.Really thank you! Really Great. choose here