Pengumuman CASN : Honorer K-2 akan Dites Seperti Seleksi CPNS/CASN pada bulan April-Mei 2013 - CASN 2014

By | 13/09/2012

Setelah suk­­ses mengadakan seleksi ca­lon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) pa­­da 8 September lalu, Ke­men­te­­rian Pendayagunaan Aparatur Ne­­gara dan Reformasi Birokrasi (Ke­men PAN-RB) akan mela­ku­kan mekanisme serupa da­lam tes CPNS/CASN dari honorer kategori dua (K-2). Seleksi yang diga­dang-gadang pada April-Mei 2013 itu, akan dilaksanakan se­ren­tak dan diawasi beberapa ins­tansi serta lembaga swadaya mas­yarakat (LSM).

Insya Allah April-Mei, honorer K-2 dites. Tesnya berupa ujian kompetensi dasar dan ujian kompetensi bidang secara ter­tulis. Pelaksanaan tesnya di­lakukan di hari yang sama. Ja­di, tidak ada jeda waktu yang pan­jang,” kata Sekretaris Men­teri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Ses­men PAN-RB) Tasdik K­i­nan­to, di Jakarta, Selasa (11/9).

Sama seperti pelamar umum, honorer K-2 juga akan me­nerima sekitar 200 soal yang di­susun konsorsium perguruan ting­gi negeri (PTN). Bobot perta­nyaan di tiap-tiap instansi, disesuaikan dengan passing grade-nya. Misalnya di daerah Jawa dan sekitarnya tingkat ke­su­litannya A dan B, Papua D, Su­la­wesi C, Sumatera A dan B, Ka­limantan B. “Jadi, makin ting­gi passing grade-nya, soalnya juga makin sulit,” ujarnya.

Master soal dalam bentuk disk atau casette disc (CD) ini akan diserahkan ke masing-ma­sing pejabat pembina kepe­ga­waian untuk digandakan. Ke­mu­dian setelah selesai ujian, soal­­nya langsung dimusnahkan dan lembaran kerja jawaban di­se­­rahkan ke BPPT untuk dipe­rik­sa, serta diolah konsorsium PTN.

Ditanya apakah saat seleksi CPNS/CASN dari honorer K-2 juga ber­samaan dengan pelamar umum, Tas­dik mengatakan, akan disen­di­rikan.

Untuk diketahui, jumlah awal honorer K-2 yang masuk ke Ba­dan Kepegawaian Negara (BKN) adalah 652.458 orang. Jum­lah tersebut berdasar data usu­lan tentang tenaga honorer dari 28 instansi pusat dan 487 ins­tansi daerah. Namun setelah per­ekaman, jumlah tersebut ber­kurang menjadi sekitar 570 ribu.

NIP Belum Keluar

Di sisi lain, BKN belum me­ne­tapkan satu pun nomor in­duk pe­gawai (NIP) dari pega­wai baru. “Sampai saat ini Direktorat Pe­rencanaan Kepegawaian dan For­masi BKN belum pernah me­nyiapkan satu formasi pun un­tuk tenaga honorer kategori satu (K-1) maupun K-2. Kalau ada pe­netapan NIP bagi tenaga ho­no­rer itu berarti di luar sistem,” tegas Kasubbag Publikasi BKN Petrus Sujendro, dalam ketera­ngan persnya, Selasa (11/9).

Khusus K-2, menurutnya, BKN belum pernah mem­pu­bli­kasikan database-nya se­cara res­­mi karena masih da­lam pro­ses pembuatan. Dia menam­bah­kan, jika ada pelanggaran ter­kait penyeleng­ga­raan kepe­ga­waian, hal ter­se­but dapat di­laporkan pada De­puti Bidang Pe­ngen­da­lian Kepe­gawaian (Dal­­­peg) BKN untuk ditin­dak­lan­juti.

Seperti diketahui, Presiden SBY telah menerbitkan PP Honorer Tertinggal bernomor 56 Tahun 2012 pada Mei lalu. Adapun pokok-pokok materi PP 56 itu, meliputi pengangkatan tenaga honorer K-1 menjadi CPNS/CASN, yang dilakukan untuk mengisi formasi 2012 berda­sarkan data hasil verifikasi serta validasi tim pusat (Kemen PAN dan RB, BKN, dan BPKP) yang telah diumumkan ke publik. Sedangkan honorer K-2, peng­ang­katannya melewati seleksi kelengkapan administrasi, ujian tertulis kompetensi dasar, dan kompetensi bidang sesama tena­ga honorer.

Uncategorized
Author: adminppci

Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI)

One thought on “Pengumuman CASN : Honorer K-2 akan Dites Seperti Seleksi CPNS/CASN pada bulan April-Mei 2013 - CASN 2014

  1. kadek arta

    Kenapa tidak di liat dari masa kerjanya saja untuk pengangkatannya kan itu lebih baik, apa lagi mengambd sampe sekian tahun, saLam hati nurani kadek arta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *