Home » Uncategorized » Ingin Kerja di Luar Negeri, Ini yang Harus Disiapkan TKI

Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri diminta untuk mempersiapkan diri secara matang. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar tidak menginginkan kasus-kasus kekerasan menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara penempatannya.

“Jangan berangkat sebelum siap,” kata Muhaimin dalam kunjungan kerjanya di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (16/12).

Dalam berbagai kesempatan, Cak Imin panggilan akrab Muhaimin getol mensosialisasikan slogan TKI “Jangan Berangkat Sebelum Siap”. Menurutnya setiap calon TKI yang berminat bekerja di luar negeri harus siap fisik dan mental.

“Pemerintah tidak mengijinkan pencari kerja mengalami sakit di luar negeri, apalagi pemerintah negara tujuan pasti akan menolak calon TKI yang memiliki riwayat sakit ataupun penyakit menular,” tegasnya.

Calon TKI, lanjutnya juga siap bahasa dan keterampilan. Pasalnya, banyak kejadian kekerasan disebabkan karena TKI yang bekerja tidak paham apa yang disampaikan majikannya. “Yang tidak terampil bekerja akan memiliki peluang mengalami masalah kekerasan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Muhaimin calon TKI harus siap dokumen. “Jangan pernah memalsukan dokumen, selain sebagai tindakan kriminal akan menyulitkan diri jika tertimpa masalah. Akte kelahiran, ijazah, sertifikat, keterangan sehat maupun paspor jangan pernah dipalsukan,” tandasnya.

“Kompetensi kerja yang memadai harus dibuktikan dengan sertifikat pelatihan kerja selama 200 jam,” tambahnya.

Lebih lanjut, Muhaimin mengingatkan calon TKI untuk siap pengetahuan negara tujuan. Sebelum berangkat, menurutnya, calon TKI harus mengetahui budaya, hukum maupun nomor-nomor penting perwakilan RI di negara tujuan.  “Kalau pengetahuan ini dimiliki, perlindungan akan lebih mudah dilakukan,”sebutnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.