Home » Uncategorized » Inisiatif Antikorupsi Polri Dinilai Baik

Institusi Polri dinilai memiliki inisiatif antikorupsi yang baik. Hasil Penilaian Inisiatif Antikorupsi (PIAK) 2011 yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan bahwa lembaga penegakan hukum itu menempati posisi kedua terbaik dalam mengembangkan upaya pemberantasan korupsi di instansinya. Peringkat pertama diraih Kementerian Perindustrian.

“Yang mendapatkan nilai bagus di pusat hanya 2, kepolisian dan Kementerian Perindustrian. Di daerah, Pemkot (Pemerintah Kota) Surabaya, Pemkot DKI, dan Pemkot Makasar di atas 6 nilainya, yang lainnya rendah,” kata Wakil Ketua KPK, M Jasin di Jakarta.

Polri meraih skor PIAK 6,74, sementara Kementerian Perindustrian sedikit lebih tinggi yakni 6,86. Menurut Jasin, nilai PIAK yang diperoleh dua institusi itu di atas nilai rata-rata PIAK secara nasional. Adapun, nilai PIAK secara nasional tahun ini mencapai 4,5. Skor tersebut, kata Jasin, meningkat dibanding tahun lalu.

“Tahun lalu, skornya, tiga koma sekian,” katanya.

Lebih jauh Jasin menjelaskan, PIAK adalah alat ukur dalam menilai kemajuan instansi publik dalam mengembangkan upaya pemberantasan korupsi di instansinya, yang ditujukan untuk mengukur apakah suatu instansi telah menerapkan sistem dan mekanisme yang efektif untuk mencegah dan mengurangi korupsi di lingkungannya atau tidak.

“Apakah instansi pemerintah pusat dan daerah sudah memulai inisiatif mencegah korupsi, misalnya pengadaan barang dan jasa, sudah e-procurement (pengadaan elektronik) atau belum. Kalau sudah,ada pengawasnya atau belum, sudah diimplementasi apa belum?,” paparnya.

Delapan indikator yang digunakan dalam PIAK kali ini adalah kode etik khusus, transparansi dalam manajemen SDM, transparansi penyelenggara negara, transparansi dalam pengadaan, mekanisme pengaduan masyarakat, akses publik dalam memperoleh informasi, pelaksanaan saran perbaikan yang diberikan BPK/APIP/KPK, serta kegiatan promosi antikorupsi.

PIAK tahun ini, lanjut Jasin, diikuti 18 Kementerian/Lembaga dan 11 Pemerintah Daerah yang mendaftar secara sukarela. Atas hasil PIAK tahun ini, Jasin merekomendasikan agar setiap instansi memperkaya inovasi untuk mencegah korupsi.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.