Home » Uncategorized » Jadi CPNS/CASN di Sumatera Utara Ditarif Rp 200 juta

CPNS/CASN di Sumatera Utara Ditarif Rp 200 juta

Anggota Komisi II DPR RI menyodorkan data banyaknya kecurangan dalam seleksi CPNS/CASN. Mereka menantang pemerintah untuk melakukan seleksi tanpa kecurangan.
“Sejak saya masih duduk di birokrat, kecurangan selalu terjadi. Begitu juga sekarang setelah saya jadi anggota DPR RI. Panas telinga saya mendapatkan banyak laporan kalau mau masuk CPNS/CASN harus keluarkan uang banyak,” ungkap Abdul Wahid Dalimunte, anggota Komisi II DPr RI dalam rapat kerja dengan paguyuban Kemenpan&RB, Senin (6/6).
Dia mencontohkan di patguliat seleksi CPNS/CASN di Sumatera Utara yang melibatkan personil BKD. Jika ingin menjadi CPNS/CASN di Sumut, harus menyetor dana hingga Rp 200 juta.
“Sudah bukan rahasia lagi, tiap ada penerimaan, ada jockey yang jalan. Honorer juga dipajakin kok,” cetusnya.
Hal yang sama diungkapkan Abdul Gaffar Patape. Dia mengungkapkan di Sulawesi Selatan ada yang harus mengeluarkan uang Rp 100-200 juta untuk menjadi PNS/ASN.
“Yang diungkapkan pak Dalimunte itu benar. Kalau tidak punya uang banyak tidak bisa lulus,” ujarnya.
Basuki Tjahja Purnama. Personil Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar ini juga mengatakan hal serupa. Kecurangan CPNS/CASN tidak akan tuntas kalau proses rekrutmennya tidak dibenahi. Dia mengusulkan agar hasil ujian tertulisnya dikembalikan dan ditempel di papan pengumuman.
“Kenapa seleksi CPNS/CASN tidak bisa seperti Sipenmaru (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru)? Sama-sama melibatkan Perguruan Tinggi. Tapi hasil Sipenmaru yang dipercaya, sedangkan CPNS/CASN tidak. Itu kenapa? Karena CPNS/CASN tidak diumumkan terbuka, yang muncul hanya yang lulus saja dan ini bisa dimanipulasi,” tuturnya.
Sementara Alex Litaay meminta jaminan pada pemerintah untuk menyelenggarakan seleksi CPNS/CASN 2011 yang bebas KKN. “Kalau mau tambah anggaran kami siap saja. Asalkan pemerintah harus menjamin kalau bisa menyelenggarakan tes CPNS/CASN dengan baik dan bebas kecurangan,” pungkasnya



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. usia saya 34 di bulan juni ini, masih ada harapan atau tidak, untuk bs jd CPNS?

  2. kalau harus mengeluarkan uang Rp 100-200 juta untuk menjadi PNS. wah mendingan buat modal usaha. Berharap baik hal seperti ini dapat segera diperhatikan agar dapat memberikan kesempatan yang tidak mampu dalam financial tapi mampu dalam seleksi cpnsnya. terima kasih sudah berbagi