Home » Uncategorized » Kasus Kecurangan Seleksi CPNS/CASN 2010 Sulit Diselesaikan Karena Banyak Pemda Sembunyikan Data Proses Seleksi CPNS/CASN.

Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN & RB), Ramli Naibaho mengaku kesulitan menyelesaikan kasus kecurangan CPNS/CASN 2010. Itu sebabnya hingga saat ini, penyelesaian kasus di 46 daerah belum tuntas.
"Mestinya tiap daerah cuma lima hari waktu pengusutannya. Tapi karena masalah di lapangan terlalu berat, waktunya menjadi molor," kata Ramli, Sabtu (2/4).
Kesulitan semakin bertambah karena daerah-daerah yang akan diperiksa banyak menyembunyikan data. Begitu tahu tim akan turun ke daerahnya, pemdanya segera melakukan pembersihan sehingga menyulitkan tim melakukan investigasi.
Ramli mencontohkan kasus di Sulawesi Tenggara. Dari laporan pengaduan, seluruh kabupaten/kota plus provinsinya telah melakukan kecurangan. Anehnya begitu tim melakukan pemeriksaan, seluruh Pemda menyatakan penyelenggaraan seleksi baik-baik saja. "Mereka sudah siap duluan, jadinya tim kesulitan mencari celah kecurangannya. Karena itu waktu penyelidikan di Sultra jadi panjang," ucapnya.
Sikap pemda yang menyembunyikan data asli, lanjut Ramli, membuat pemeriksaan berjalan alot. Tim investigasi tetap berkeyakinan kalau laporan yang masuk ada unsur kebenarannya. Apalagi yang melaporkan bisa dipertanggung jawabkan kredibilitasnya.
"Karena pemda sudah banyak yang pintar menyembunyikan datanya, pak menteri meminta agar jadwal tim investigasi ke daerah disembunyikan dan tidak diekspos. Kalau diekspos, pemdanya sudah siap duluan," pungkasnya



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 3 Responses So Far. »

  1. wah kayaknya hal seperti itu sering terjadi kesiapan sebelum diperiksa
    mungkin saja pejabat yang ada di kab. tersebut termasuk salah satu yang curang…
    ingat indonesia tidak seperti dulu lagi…

    terapkan seperti ini jangan ada lagi publikasi
    “Karena pemda sudah banyak yang pintar menyembunyikan datanya, pak menteri meminta agar jadwal tim investigasi ke daerah disembunyikan dan tidak diekspos. Kalau diekspos, pemdanya sudah siap duluan,” pungkasnya

  2. Padahal motto yang diikrarkan Bersih dan TRANSPARAN.
    Tapi hasilnyatetap aja ditemukan kecurangan CPNS Polri 2010 a/n LUIS EKA TISKAYUNITA, S.Kom dengan nomor NIP 197602112011012001.
    yang sampe sekarang masih eksis dengan hebatnya.
    Tanggal 6 Desember 2010
    diumumkan di web Polri dengan alamat:
    (http://ppid.polri.go.id/upload/files/DATA%20PANTUKHIR_TMS.pdf)
    hasil kelulusan Seleksi CPNS POLRI Sumber Pelamar Umum T.A. 2010 dengan NOMOR :
    KEP / 782 / XII / 2010 tanggal 6 DESEMBER 2010 tentang DAFTAR PESERTA SELEKSI PENGADAAN CPNS POLRI SUMBER PELAMAR UMUM T.A. 2010
    YANG DINYATAKAN TIDAK LULUS SELEKSI.
    Pada KEP tersebut, NOMOR URUT 416 dengan NOMOR PESERTA 1185043
    NAMA PESERTA LUIS EKATISKA Y,
    S.KOM dinyatakan TIDAK LULUS SELEKSI, akan tetapi pada tanggal 10 Februari 2011 diterbitkan Surat Penghadapan ke POLDA ACEH dengan NOMOR : ST/256/II/2011 pada nomor EMPAT tercantum nama CAPEG LUIS EKA TISKAYUNITA, S.KOM berikut dengan NIP 197602112011012001. Mungkin ini hanya salah satu yang saya temukan dari sekian banyak pelamar CPNS.

    Berdasarkan informasi yang saya lihat di Internet, MENPAN berjanji pihaknya akan menindak tegas setiap kecurangan. Jika ditemukan adanya penerimaan CPNS yang tidak memenuhi syarat, maka Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi tidak segan untuk membatalkan pengangkatan CPNS tersebut, dikutip dari alamat website:
    (http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=156233:menpan-polisikan-cpns-curang-&catid=17:nasional&Itemid=30).

    Kenyataannya sampe sekarang tidak ada tindak lanjut lagi tuh…
    Sudah jelas diumumkan di website Polri siapa yang LULUS dan siapa yang TIDAK LULUS serta dapat dilihat se-Indonesia bahkan dunia. Apabila ada nama-nama yang sudah jelas TIDAK LULUS tetapi bisa masuk seperti ini, apa artinya pengumuman KEP TIDAK LULUS SELEKSI tersebut? Sedangkan Slogan yang diberikan adalah BERSIH dan
    TRANSPARAN, hal ini berarti hanya kebohongan belaka apabila sudah tertera TIDAK LULUS SELEKSI tetapi tetap bisa lulus dan diterima serta mendapatkan NIP.
    Makinbobrok lah negeri ini apabila sistem yg digunakan seperti ini.

  3. YTH Bpk Kemen PAN & RB RAMLI NAIBAHO.
    Khusus Daerah Kabupaten Batubara seleksi penerimaan CPNS Thn 2010,diruntut dari awal tentang soal ujian, hamya TKD saja.jmlh soal 100, jenis kertas, kerahasiaannya. yang lebih fatal lagi Dugaan Scaning & Scoring yang diumumkan oleh Pemkab Batubara yang tidak sesuai dari hsl Perengkingan dr UI.jika dilakukan perbandingan oleh saksi pengaduan, baik yang pertama dari Elemen Masyarakat Batubara sekitar tanggal 21 bulan Desember tahun 2010 ke BKN,MENPAN,MABES POLRI,KPK tidak ada tanggapan.setelah itu dilakukan tes Ulang di UI,kenapa saksi pelapor,pengaduan tidak dihadirkan diUI.ada APA dibalik itu PAK….? Menyusul ASOSIASI perwakilan CPNS yang menurutnya lulus dari Versi UI yang berjumlah 6 orang Ke KEMENPAN baru baru ini.lantas apa tanggapan Bapak Kemen PAN & RB RAMLI NAIBAHO.Sangat aneh,unik,dramatis sekali jika Kemen PAN tidak mampu mendusutnya.saksi2 ahli pengadua sudah nyata dihadapan Bapak yg terhomat.Kemen PAN stok gaji banya lhoo,jng sempat ada gaji yang bukan hak hak kita.dugaan 271 yang direkayasa oleh Pemkab batubara.sepintar apapun pihak Pemda, kalau bukti laporan sudah jelas,tunggu apa lagi.jik NIP CPNS Kab Batubara juga dikeluarkan, kuat dugaan bahwasanya Kemen PAN & BKN Pusat terlibat menerima suap /kkn dari…….?