Home » Uncategorized » Ke Daerah, Menteri Minta Disambut Sederhana

Kementrian Hukum dan HAM yang dipimpin Amir Syamsudin, membuat terobosan baru. Melalui surat edaran ke seluruh Indonesia, diminta Pemerintah Daerah (Pemda) memberikan pelayanan sesederhana mungkin bila ada pejabat Kemenkumham yang berkunjung atau tugas kerja.

Bukan hanya Kemenkumham, jajaran menteri lainnya pun mengaku juga ingin diperlakukan sama. Tidak ada kemewahan yang berlebihan dan harus sesederhana mungkin. Seperti yang diungkapkan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

‘’Saya sangat setuju, bahkan saya sudah melakukan itu. Menurut saya (penyambutan) harus disederhanakan. Saya kalau ke daerah, jalan pun tidak apa-apa,’’ kata Dahlan di Jakarta.

Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan juga menyatakan hal yang sama. Menurutnya penyambutan pejabat negara ke daerah, tidak perlu serba mewah.’’Itu penting untuk efesiensi,’’ katanya.

Menkominfo Tifatul Sembiring, punya cerita lain lagi. Selama menjadi menteri, mantan Presiden PKS ini mengaku justru tidak pernah merasakan penyambutan yang mewah dan meriah.

‘’Kadang Gubernur nya saja jarang jemput saya. Biasanya juga mencari mobil sendiri, kepala dinasnya kita libatkan. Tidak ada saya disambut, karena kita juga bukan raja. Saya tidak suka mewah-mewah,’’ tegas Tifatul.

Perihal penyambutan mewah bila ada pejabat negara ke daerah, sebenarnya sudah hal lumrah di daerah. Selain fasilitas yang serba wah dan meriah, sering kali kedatangan pejabat negara justru membuat repot masyarakat dengan adanya penutupan atau pengalihan jalan demi kenyamanan sang pejabat.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.