Home » Uncategorized » Kelebihan 523 Pegawai Negeri

Pemkab Gunungkidul belum mengetahui adanya penerimaan  calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) 2012. Sebab sampai sekarang belum ada pemberitahuan secara resmi dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemeneg PAN dan RB).
“Moratorium (penghentian sementara) penerimaan CPNS/CASN sampai akhir 2012, sehingga untuk formasi tahun ini masih menunggu hasil kajian kebutuhan pegawai di daerah dari Kemeneg PAN dan RB,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gunungkidul Karlan kemarin (22/2).
Karena itu, Karlan belum mengetahui penerimaan CPNS/CASN 2012 masih mengacu keputusan yang lalu atau ada kebijakan baru. Dia juga mengaku belum menerima surat pemberitahuan penerimaan CPNS/CASN 2012.  “Hanya menerima surat moratorium PNS/ASN 2012,”  kilahnya. Kepala BKD mengakui PNS/ASN untuk jabatan struktural dan fungsional jumlahnya sudah  berlebihan. Dari kebutuhan 2243 pegawai, saat ini pemkab sudah memiliki 2766 pegawai. ”Ini sama artinya dengan kelebihan pegawai sebanyak 523,” katanya.
Kondisi itu terjadi untuk kebutuhan guru. Dari total kebutuhan sebanyak 6.487 guru, saat ini sudah tersedia 6.572 guru. Kekurangan PNS/ASN terbesar adalah tenaga kesehatan di rumah sakit dan  Puskesmas.
Untuk kebutuhan ini, mestinya pemkab membutuhkan tambahan tenaga sebanyak 1.395 pegawai. ”Namun saat ini kita baru memiliki 1256. Berarti masih kurang 139 PNS/ASN,” lanjut dia.
Namun demikian, jika ditotal kebutuhan PNS/ASN, maka  saat ini, pemkab masih kekurangan sebanyak 430 tenaga PNS/ASN untuk bidang-bidang tertentu. Semua didasarkan Peraturan Mendagri No 26 Tahun 2011.
Beberapa kebutuhan tenaga PNS/ASN yang masih kurang, diantaranya di bidang pelayanan seperti, sekretaris desa sebanyak 58 orang, dan tenaga kesehatan 129 orang, dan beberapa kebutuhan petugas pelayanan lainnya.
“Yang jelas total kebutuhan kita masih 430 PNS/ASN,” imbuh mantan Inspektur Kabupaten ini.
Menanggapi, Wakil Ketua DPRD Slamet mengatakan dibutuhkan analisa jabatan dan beban kerja yang jelas. Ini  sebagai syarat  menambah atau  menghentikan rekruitmen CPNS/CASN yang dulu rutin dilakukan pemkab setiap tahun.
”Jangan asal menambah PNS/ASN, harus dicarikan solusi terbaik,” terangnya.
Menurut dia,  jumlah PNS/ASN di Gunungkidul masih terlalu gemuk. Namun demikian, masih ada bidang- bidang yang lain  justru tidak ada pegawainya.”Ini yang harus diantisipasi. Kalau bidang struktural sudah cukup, tidak perlu mengangkat pegawai lagi,”  desak Slamet.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.