Home » Uncategorized » Kementerian Pertanian klaim program MKRPL sukses

Kementerian Pertanian mengklaim program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari sukses (MKRPL). Program diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal di tingkat rumah tangga dinilai sudah dilakukan secara meluas.

Awalnya, program yang pertama kali dikembalikan di Desan Kayen, Pacitan, Jawa Timur melibatkan 30 kepala keluarga pada November 2010 lalu. Sekarang program tersebut terus berkembang di seluruh provinsi di Indonesia. “Dulu di Pacitan hanya 30 rumah, sekarang sudah mencapai lebih dari 700 kepala keluarga tersebar di 4 kecamatan pada 9 desa di Pacitan,” ujar Kepala Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian Haryono, Minggu (4/12).

Bahkan, Haryono mengatakan, program MKRPL di Jawa Timur ini telah berkembang di Kabupaten Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Malang, dan Kota Malang. Akibat kesuksesan ini, Haryono mengatakan program tersebut akan dicanangkan sebagai salah satu program nasional.

Haryono menjelaskan program MKRPL dibangun dengan lima konsep utama, yaitu ketahanan dan kemandirian rumah pangan lestari keluarga, diversifikasi pangan berbasis lokal, konservasi sumberdaya genetik terutama untuk pangan lokal, peningkatan kesejahteraan petani dan kebun bibit desa.

Menurutnya, konsep kebun bibit desa telah memberikan dampak yang luar biasa karena dapat menekan pengeluaran rumah tangga petani berkisar Rp 170.000 hingga Rp 700.000 per bulan. “Dengan program ini menaikkan pola pangan harapan terutama untuk kemandirian desa dan rumah tangga,” katanya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.