Home » Uncategorized » KPK Harus Sikat Mafia Calo Penerimaan Seleksi CPNS/CASN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta berperan dalam memberantas mafia CPNS/CASN maupun honorer yang semakin hari kian merajalela di daerah.  Diyakini, dengan turunnya KPK ke daerah untuk menelusuri suap dalam seleksi CPNS/CASN, bisa menimbulkan efek jera pada para pejabat.

“Saya rasa KPK harus turun ke daerah untuk memberantas mafia CPNS/CASN. Karena sudah rahasia umum, dalam setiap penerimaan CPNS/CASN selalu ada campur tangan kepala daerah selaku pejabat pembina kepegawaian,” tegas Wakil Ketua Komisi II DPR RI Abdul Hakam Naja, Selasa (4/10).

Dia menyarankan agar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (kemenpan-RB) ikut mendorong lembaga pemberantasan korupsi itu turun ke daerah. “Menpan harus mendorong KPK agar mau ke daerah. Biar mereka bisa menangkap para pejabat nakal yang main-main dengan penerimaan CPNS/CASN. Anda tahu sendiri kan kasus suap selama seleksi CPNS/CASN mencapai Rp25 triliun per tahun. Angka yang tidak sedikit jumlahnya,” terangnya.

Deputi Pengawasan dan Akuntabilitas Kemenpan-RB Heriyana Sutisna mengatakan, setiap upaya pemberantasan korupsi selalu didukung oleh pemerintah. Salah satu contohnya adalah imbauan KPK agar pejabat tidak menerima gratifikasi baik saat lebaran maupun lainnya, turut diperkuat dengan surat edaran MenPAN&RB.

“Kalau DPR mendesak agar Kemenpan-RB mendorong KPK ke daerah, akan kita dukung. Memberantas mafia CPNS/CASN memang tidak bisa hanya kerja satu instansi saja. Apalagi ini sudah berlangsung lama,” tandasnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.