Home » Uncategorized » KPK Larang PNS Berlebaran Dengan Mobil Dinas

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak henti-hentinya mengingatkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) agar tidak memanfaatkan barang milik negara untuk kepentingan pribadi. Termasuk yang diwanti-wanti KPK, agar PNS/ASN tidak menggunakan mobil dinas untuk berlebaran.  Wakil Ketua KPK, Moh Jasin, mengatakan, mobil dinas pada prinsipnya merupakan fasilitas yang disediakan negara untuk melaksanakan kegiatan dinas. Tujuannya, agar pegawai atau pejabat dipermudah dalam menjalankan tugasnya. “Jadi selama namanya kendaraan dinas, berarti untuk menunjang fasilitas kedinasan,” kata Jasin saat dihubungi, Kamis (11/8).

Bagaimana jika kendaraan dinas itu untuk kepentingan lain termasuk untuk mudik lebaran? “Kalau untuk kepentingan lain, sedapat mungkin menggunakan kendaraan pribadinya atau kendaraan umum. Jadi kalau ada kerusakan akibat menggunakan fasilitas mobil dinas itu tidak mengakibatkan terganggunya kepentingan dinas,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, KPK sudah berkali-kali mengingatkan agar para PNS/ASN ataupun pejabat negara yang mudik tidak menggunakan mobil dinas. Dicontohkannya pula, kendaraan dinas di KPK tidak pernah dimanfaatkjan untuk kepentingan di luar dinas.

“Kendaraan dinas yang ada di KPK itu dibeli dengan uang negara. Saat lebaran tidak pernah dipakai untuk mudik. Semuanya parkir di kantor,” tandasnya.

Selain itu, sebut Jasin, kendaraan dinas yang penggunaannya hanya semata-mata untuk dinas juga akan lebih awet. “Dipakai hanya untuk kepentingan dinas. Kalau ditinjau dari aspek keawetan, lebih awet kan?” ujar mantan Direktur Penelitian dan Pengembangan KPK itu.

Sayangnya, sebut Jasin, sejauh ini memang tidak ada aturan mengikat yang melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik lebaran. Lagi-lagi Jasin mencontohkan KPK yang dalam kode etik internalnya melarang penggunaan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi.

“Jadi aturannya perlu ditargetkan. Kalau aturan yang di KPK, kita membuat kode etik yang melarang menggunakan kendaraan dinas,” pungkas Jasin yang saat dihubungi mengaku sedang berada di Padang, Sumatera Barat untuk keperluan inspeksi mendadak di sejumlah intansi pemerintah.(ara/jpnn)

Download Soal-Soal CPNS/CASN Indonesia



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. I simply want to tell you that I am just beginner to blogs and absolutely enjoyed this web-site. Most likely I’m planning to bookmark your blog post . You really come with excellent articles. Many thanks for sharing with us your web-site.

  2. Fantastic article. Really Great. buy accutane online