Home » Uncategorized » Kuota CPNS/CASN 2012 Baru Terpenuhi 20.000 Formasi

Kuota / Formasi CPNS/CASN 2012 ternyata masih banyak yang lowong. Lowongan karena apa neh…..Pemda lamban atau memang tidak ada niat buka lowongan CPNS/CASN?

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) menyatakan hingga saat ini baru 20.000 formasi yang diajukan dari 125.000 CPNS/CASN.

Menpan dan RB Azwar Abubakar mengatakan pihaknya menyayangkan sikap kementerian dan pemerintah daerah yang lamban mengajukan formasi. Sementara pendaftaran CPNS/CASN segera digelar.“Ini dampak dari kebijakan moratorium CPNS/CASN,” katanya di Jakarta kemarin. Menurut dia, setelah moratorium pemerintah memang memperketat penerimaan CPNS/CASN bagi kementerian dan pemerintah daerah.

Mereka diharuskan pengajuan berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja sehingga banyak yang tidak memenuhi. Berdasarkan temuan Kemenpan dan RB, pengajuan CPNS/CASN banyak yang tidak memenuhi persyaratan. Misalnya di daerah, belanja pegawainya melebihi 50% dari APBD.Akibatnya tidakadapembangunan. Untuk menguji apakah sebuah kementerian atau daerah memenuhi kriteria, pemerintah telah menyiapkan 3.200 analis jabatan.

Mereka akan mengecek dan merasionalisasikan antara kebutuhan dan anggaran yang ada. “Kami itu butuh PNS/ASN yang mampu menjembatani terbukanya lapangan kerja.Pasalnya, dari 3 juta pencari kerja setiap tahun, hanya sekitar 100.000 yang bisa menjadi PNS/ASN,”ujarnya. Sebelumnya pemerintah telah meminta kementerian dan daerah untuk mengajukan formasi CPNS/CASN hingga 16 Mei.

Namun, sampai batas waktu yang ditentukan hanya beberapa daerah saja yang sudah mengajukan. Bahkan dari 125.000 kuota yang direncanakan, terancam tidak terpenuhi. Anggota Komisi II DPR Gede Pasek Suardika menambahkan, pemerintah memang harus memperbanyak penerimaan CPNS/CASN dari jalur tenaga honorer karena pengangkatan mereka merupakan pekerjaan rumah yang sudah lama mengalami penundaan.

Untuk kategori 1 (K1), terang Gede Pasek, diangkat terlebih dulu karena mereka sudah diangkat melalui pejabat berwenang dan dibiayai APBN atau APBD. Sementara untuk kategori dua (K2) diangkat secara bergiliran melalui tes tertulis. Anggota Fraksi Demokrat ini menyatakan, pengangkatan CPNS/CASN baik dari jalur reguler maupun honorer memang harus dilakukan secara bertahap karena anggaran negara juga terbatas.

“Jangan sampai untuk kepentingan belanja pegawai akhirnya mengorbankan anggaran belanja untuk pembangunan,” jelasnya. Wakil Ketua Komisi II DPR Abdul Hakam Naja meminta pemerintah tetap menggelar ujian CPNS/CASN.Meskipun banyak daerah yang tidak mengajukan formasi akibat belum selesainya analisis jabatan.

Menurut dia, minimnya daerah yang belum menganalisis kebutuhan jabatan menunjukkan selama ini permintaan formasi CPNS/CASN tidak matang. Mereka tidak menghitung secara rasional antara kebutuhan sumber daya manusia dengan biaya yang dikeluarkan.

Karena itu, adanya syarat khusus sebelum mengajukan formasi bisa berdampak positif. “Mereka yang mengajukan benar-benar yang butuh dan memahami porsi anggaran yang dimiliki,”katanya. Ref:neneng zubaidah/Sindo

Be the first to like this post.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Kalau bisa waktunya sekarang Saja pengangkatan PNS 2012 dan jangan di tunda-ditunda cita-cita manusia didunia ini tetapi harus dibantu/berbuat baik diangkat PNS 2012 begitu.kalau bisa termasuk Diana dan semua guru honorer yang ada di indonesia ini(yang bukan termasuk k1 dan k2) Diangkat PNS 2012 tolonglah/ kabulkanlah Allah Swt Dan Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden(Boediono), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Muhammad Nuh), DPRD, DPR, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, BKN, PPCI, Gubenur, Kemeterian Agama Dan Diknas Pendidikan. Diana ngajar di SDN Gedung Harapan Lampung Selatan SK(Kepala Sekolah) tanggal 1 januari 2005 tapi Diana pakai ijasah MAN Tahun 2004 lanjut kuliyah D2 PAI (wisuda tanggal 7 desember 2006) dapat Ijasah tahun 2007.dari DII PAI lanjut ke SI PAI Tahun 2009 dan Wisuda SI PAI tanggal 14 Oktober 2010”Ijasah tahun 2010”, Sedangkan berbeda ijasah dengan Diana ngajar(SKnya guru kelas tanggal 1 januari 2005) di SDN Gedung Harapan Lampung Selatan, yang penting Diana ngajarnya rajin masuk(mengajar) membuat siswa SD pintar/cerdas dan tidak terputus-putus seperti sekarang ini(sudah terhitung 7 tahun 5 bulan saya ngabdi/ngajarnya). kalau bisa pengangkatan PNS 2012 itu jangan dibatasi/ditunda-tunda tahun mengajarnya(SK) dan tahun ijasahnya bebas(berbuat baik), mau itu tahun 2005 kebawah(2004,2003 dan sebagainya) /2005 keatas(2006,2007-2012, dan sebagainya) begitu dan Kalau dibatasi mengajarnya(SK) dan tahun Ijasahnya, sama saja sudah menghambat/melarang manusia/Rakyat/Anak bangsa itu bercita-cita jadi guru PNS berarti jahat/kejam/licik. Kalau bisa Jangan Gagal/Curang/ditolak Tetapi Berhasil/Jujur/diterimah/Adil dalam mengambil Keputusan pengangkatan PNS 2012 sampai 2015(seterusnya), kayak/mirip PACASILA: 1. Ketuhanan yang Maha Esa (Allah SWT). 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. 3. Persatuaan Indonesia. 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
    Tolong Menolong mengangkat Diana dan semua guru honorer menjadi PNS 2012 SEKARANG INI, dan jangan di sia-siakan apalagi dilupakan jasa guru yang telah membantu Bangsa Indonesia menjadi Pintar Dan Sukses/berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung”cerdas”)/ mencapai cita-cita menuju masa depan yang cerah/bagus. kalau ada guru cita-cita anak Bangsa Indonesia tercapai semuanya seperti jadi Guru dan sebagainya. Kalau gak ada guru gimana Bangsa Indonesia mau maju (menuju masa depan/ cita-cita)?Jawab saya/rakyat/semua guru honorer : Paling-paling hancur Bangsa Indonesia ini dan Buta Huruf (Bodoh, Bego dan Tolol) kan bisa menjadi malu-maluin Bangsa Indonesia sama negara cina(luar negeri), sama Allah SWT, sama Nabi Muhammad SAW, dan sama Malaikat. kalau menurut pemerintah gimana apa sama dengan saya/rakyat/semua guru honorer apa tidak/ya, jwblah/blz:…….. .
    Makanya itu, “Tolanglah Allah Swt Dan Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden(Boediono), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Muhammad Nuh), DPRD, DPR, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, PPCI, BKN, Gubenur, Kemeterian Agama Dan Diknas Pendidikan.”,harus penduli /tolong menolong sama Diana dan semua guru honorer ini diangkat menjadi PNS 2012 SEKARANG INI. Tujuan Diana dan semua guru honorer diangkat menjadi PNS 2012: untuk kebutuhan hidup sehari-hari(makan), biar hidup saya gak miskin-miskin lagi/terus(susah) begitu. Biar keturunan-keturunan Bangsa Indonesia penerusannya jadi Guru Yang Baik, Pemimpin Bangsa Indonesia Yang Baik (Cita-Citanya Tercampai), Bijaksana, Dan Orang Yang Berguna Bagi Nusa Bangsa. Amin. Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan Diana MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih. Wa’alai’kum salam.wr.wb
    Lampung Selatan, 04 Juni 2012