Home » Uncategorized » Laporkan Jika ada Pungutan penerimaan CPNS/CASN

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bungo, menjamin tidak ada pungutan apapun dalam proses pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pengawai negeri sipil (CPNS/CASN). Ketegasan ini disampaikan Kepala BKD Bungo, Bachtiar saat dikonfirmasi, Jumat (5/8). Bachtiar mengungkapkan, dalam proses pengangkatan tenaga honorer tersebut telah diajukan ke pusat. Sama sekali tidak ada pungutan biaya yang dibebankan kepada para tenaga honor tersebut.
“Tidak ada pungutan biaya dalam proses pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS/CASN,” katanya.

Katanya, jika ditemukan adanya oknum pegawai yang meminta pungutan, Kepala BKD Bungo meminta agar segera melaporkan ke pihaknya. Laporan juga harus disertai bukti yang kuat.
“Jika ada yang minta laporkan saja, karena itu tidak benar,” sebutnya.

Penegasan Bachtiar ini sekaligus menyikapi informasi dari beberapa tenaga honorer, yang menyebutkan soal dugaan adanya oknum yang melakukan pungutan terhadap tenaga honor, dengan dalih memperlancar pengurusan untuk bisa diangkat. Jika tak bayar, maka mereka tak diangkat menjadi CPNS/CASN.

Bactiar meminta, orang yang merasa menjadi korban pungutan agar melaporkan dengan membawa bukti otentik. Jika terbukti, oknum yang memberlakukan pungutan akan ditindak tegas.

Bachtiar menjelaskan, proses pengangkatan tenaga honorer yang mengabdi sejak 2005 menjadi CPNS/CASN saat ini masih menunggu proses dikeluarkannya NIP oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ketua Komisi I DPRD Bungo Elhelwi Nurdin juga meminta kepada tanaga honorer, untuk tidak segan-segan melaporkan jika ada oknum yang meminta uang, dengan maksud ingin mengurus proses pengangkatan menjadi CPNS/CASN.

Sebab, bagi tenaga honorer yang terdaftar sejak 2005 tidak perlu pakai dana, dipastikan akan diangkat menjadi CPNS/CASN, dan itu sudah merupakan keputusan dari pusat. “Jadi tidak ada pungutan, kalau pungutan untuk biaya foto copy itu wajar saja. Tapi kalau sudah jutaan segara laporkan kita akan tindak lanjuti,” ucapnya.

Download Soal-Soal CPNS/CASN Indonesia



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.