Home » Uncategorized » Lebaran Libur, PNS “Utang” Jam Kerja

Pemkab Banyumas membuat terobosan terkait hari libur Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) di masa lebaran ini. Para abdi negara di lingkungan Pemkab Banyumas itu diberi jatah libur lebih banyak dibanding daerah lain, yakni selama seminggu. Yakni sehari sebelum lebaran, dua hari libur lebaran dan selebihnya pasca lebaran. Termasuk, libur hari Sabtu, yang sejatinya di Banyumas harus masuk karena menetapkan 6 hari kerja

Hanya saja, para PNS/ASN itu nantinya harus mengganti jam kerja di hari kerja pasca lebaran mendatang. “Kami tetapkan libur dengan mengganti jam kerja di hari berikutnya. Penambahan jam, dijadwal seminggu ke depan,” kata Kepala Bagian Organisasi Setda Banyumas Kamijo  saat ditemui Radarmas (grup JPNN) kemarin. Dikatakan, Kabupaten Banyumas menetapkan hari Sabtu (3/9) diliburkan. Karena hari tersebut, diapit jadwal libur lebaran dan hari Minggu.

Untuk mengganti jam kerja, lanjutnya, setelah libur panjang lebaran, PNS/ASN tidak lagi bisa pulang kerja seperti biasa. Hari Senin hingga Kamis, pulang kerja yang biasanya jam 14.15, nantinya jam 15.15. “Begitu juga hari Jumat dan Sabtu, sesuai jadwal ditambah jam kerjanya,” kata Kamijo.

Khusus bagi pejabat publik, Banyumas juga memiliki kebijakan. Saat hari H, mereka diimbau tetap standby di instansi yang ada. Kabag Humas Setda Banyumas Drs Suhadi MM mengatakan, hal itu guna memudahkan kordinasi manakal dibutuhkan. “Stanby tidak harus dilokasi. Namun setidaknya terjangkau,” kata dia.

Suhadi mencontoh tenaga camat di lingkungan kecamatan. Bagi camat yang memiliki rumah di Purwokerto, meski tidak bisa di lokasi diperbolehkan pulang. Namu bagi yang rumahnya di luar daerah, diimbau tidak mudik terlebih dahulu.

“Baru setelah itu bisa mudik,” katanya, menunjuk Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), adan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refortmasi Birokrasi Republik Indonesia. 



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.