Home » Uncategorized » Lebong dan Mukomuko Tak Punya Dokter Spesialis Tetap

Kabupaten Lebong dan Kabupaten Mukomuko di Provinsi Bengkulu belum memiliki tenaga dokter spesialis tetap. Yang ada hanya dokter spesialis yang statusnya kotrak dan residen. Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Netty Herawati mengemukakan, untuk formasi dokter spesialis pada pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) di daerah kerap tidak ada yang mendaftar. Akibatnya, tidak ada penambahan dokter spesialis yang tetap di daerah, terutama di Kabupaten Lebong dan Mukomuko.

“Pada umunya dokter spesialis lebih suka mendaftar pada CPNS/CASN Pemerintah Provinsi padahal provinsi hanya memiliki RS M Junus saja. Akibatnya, dokter spesialis menumpuk di Kota Bengkulu,” kata Netty di Bengkulu.

Saat ini, di Kabupaten Mukomuko terdapat dua orang dokter kontrak dari Jambi dan Padang, serta seorang dokter residen atau sedang dalam masal pelatihan. Adapun di Kabupaten Lebong hanya ada ada dokter residen.

Menurut Netty, salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengikutsertakan dokter umum dalam pendidikan lanjutan spesialisasi melalui program di Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia Kesehatan Kementeria Kesehatan.

Kini, terdapat 77 orang dokter dari Bengkulu yang sedang menempuh pendidikan spesialisasi. Setelah lulus, dokter-dokter itulah yang akan ditempatkan di daerah.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.