Home » Uncategorized » Lokakarya dalam Kompetensi Sains dan Teknologi Nuklir Batan

LOKAKARYA KOMPUTASI DALAM SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR
HOTEL SANTIKA – BSD CITY-SERPONG, 14 OKTOBER 2010

Peran komputasi, pemodelan dan simulasi komputer untuk menunjang penelitian dan pengembangan dalam sains, teknologi dan industri.

I. PENDAHULUAN

Dewasa ini banyak eksperimen yang tidak dapat atau sulit dilakukan secara langsung karena terlalu berbahaya atau eksperimen yang menuntut sarana canggih sehingga mahal bagi negara berkembang untuk merealisasikannya. Dengan adanya komputer yang makin canggih sejak 1960-an, berkembang ilmu komputasi dan simulasi komputer sebagai suatu eksperimen numerik terhadap suatu model atau tiruan sistem yang efektif dan relatif murah. Komputasi, pemodelan dan simulasi telah membantu mencari solusi masalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang sulit. Tidak semua masalah dapat dibuat rumus matematiknya yang pasti dan eksak, maka berkembang Soft computing sebagai bagian dari ilmu komputasi yang menggunakan cara fikir manusia sebagai model untuk menyelesaikan masalah yang penuh dengan ketidak pastian, ketidak akuratan maupun kebenaran parsial data yang diperoleh. Kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat menjadi forum ilmiah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan sebagai media tukar menukar informasi dalam bidang komputasi dan teknologi informasi untuk penguatan litbang di Indonesia.

II. TUJUAN

1. Menyelenggarakan forum ilmiah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan tukar menukar informasi tentang perkembangan metode komputasi, pemodelan matematik dan simulasi komputer dewasa ini.
2. Meningkatkan pemahaman dan wawasan tentang perkembangan ilmu Komputasi terutama untuk menunjang kemajuan sains dan teknologi Nuklir.

III. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup dari lokakarya ini meliputi aspek yang berhubungan dengan ilmu komputasi, pemodelan, simulasi, pengolahan, data dan sistem informasi:

1. Teori dan Metode Komputasi.

Analisis numerik, Matematika Terapan, Statistika Terapan, Probabilitas Terapan, Penyelesaian Diferensial Parsial Nonlinier, Matematika Diskrit, Struktur Data, Pengolahan Paralel, Komputer Optik, Komputer Kuantum, Algoritma, Pemrograman, dll.

2. Soft Computing.
Jaringan Syaraf Tiruan, Logika Fuzzy, Simulated Annealing, Probabilistic Reasoning, Algoritma Genetika, Chaos theory, Bio Informatika, Teoari Permainan, dll.

3. Aplikasi Komputasi, Pemodelan dan Simulasi.
Komputasi Neutronik, Komputasi Termalhidroulik, Pengolahan Citra, Pemodelan Iklim, dan Cuaca, Simulasi Monte Carlo, Simulasi Dinamika Molekular, serta Komputasi, Pemodelan dan Simulasi di bidang Fisika, Kimia, Geologi, Teknik, Industri, dll.

4. Teknologi Komunikasi dan Informasi.
Smart Wireless IP, Pengembangan Perangkat Wimax, Gigabit Ethernet Passive Optical Network, Teknik Pencarian Data, Pengembangan Aplikasi Berbasis Open Source, GIS, Sistem Penunjang Kepuasan, Manajemen Pengetahuan, Teknik Multimedia, dll.

IV. Makalah
1. Makalah lengkap dalam bahasa Indonesia disertai dengan abstrak dalam bahasa inggris ditulis sesuai format yang disediakan
2. Pengiriman makalah dilakukan secara on-line

V. Jadwal

  1. Pendaftaran on-line untuk peserta peninjau maupun penyaji dimulai sejak tanggal 14 Juni 2010, dapat juga menggunakan formulir yang tersedia dikirim ke Sekretrariat.
  2. Batas waktu penerimaan makalah 14 September 2010.
  3. Hasil review makalah diumumkan pada tanggal 24 September 2010 melalui website.
  4. Pengumuman peserta peninjau yang diterima tanggal 24 September 2010 melalui website.
  5. Perbaikan makalah diterima paling lambat tanggal 1 Oktober 2010.
  6. LOKAKARYA KOMPUTASI DALAM SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR TAHUN 2010 dilaksanakan tanggal 14 Oktober 2010. Leafet LKSTN 2010 !
  7. Tempat : – HOTEL SANTIKA – BSD CITY-SERPONG.
 


Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.