Home » Uncategorized » Pengumuman cpns 2011: Atasi Sindikat Penipuan CPNS/CASN, BKN Berkoordinasi Dengan Kepolisian

         Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat mengaku kelimpungan menghadapi sindikat penipuan pengadaan CPNS/CASN. Pasalnya, sindikat tersebut kerjanya sangat lihai dan profesional. Saking lihainya, banyak pejabat di daerah yang tertipu. Tumpak mencontohkan kejadian di Jawa Timur. Salah seorang kepala dinasnya mengalami kerugian puluhan juta rupiah karena melayani permintaan oknum yang mengaku dari BKN ini.

"Ini tindakan yang bodoh, kok mau mentransfer uang ke oknum yang tidak jelas keberadaannya. Saya juga tidak mengerti kenapa pejabat di daerah tidak menanyakan balik ke BKN apa benar ada permintaan uang atau tidak," sesal Tumpak yang dihubungi, Kamis (20/1).
        Modus operansi para penipu itu, menurut dia, adalah oknumnya mengaku dari BKN dengan membawa surat lengkap berlogo dan ditandatangani pejabat berwenang. "Saya bisa mengerti kenapa masyarakat sampai pejabat pemda terpedaya. Soalnya yang datang itu mengaku dari BKN, pakai suratnya lagi. Yang disayangkan, kenapa tidak crosscek lagi ke BKN," ujarnya.
Tumpak membeberkan beberapa berkas pengadaan lowongan CPNS/CASN yang diberikan sindikat penipuan kepada korban. Sekilas tampak asli karena berlogo BKN (gambar Burung Garuda) tapi sebenarnya bukan produk BKN. 
         Selain itu data dari BKN menyebutkan, beberapa berkas penipuan yang mengatasnamakan BKN antara lain: Nota Dinas Pengangkatan CPNS/CASN untuk lingkup Kementerian Agama Wilayah Medan, Depok, Banyumas dan Cianjur; Formulir Penetapan Nomor Identitas Pegawai (NIP) CPNS/CASN/PNS/ASN Pusat/Daerah untuk instansi Departemen Pendidikan Nasional, Depnakertrans RI, Departemen PU, Departemen Keuangan, Departemen Perhubungan, Departemen Agama, Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI; SK Menteri Kesehatan RI tentang Penetapan NIP dari Kepala BKN;  SK Menteri Agama RI tentang Penetapan NIP dari Kepala BKN; Daftar Nomor Induk Pegawai formasi tahun anggaran 2009-2010; Registrasi dan Pemberkasan bagi peserta tes yang dinyatakan lulus seleksi Pengadaan CPNS/CASN Tenaga Tambahan BKN Formasi Khusus (mencatut nama Pejabat BKN); Pengantar Draft Nama-Nama PNS/ASN untuk Kantor Regional VI BKN Medan dan masih banyak lagi.
         Atas kasus tersebut, Tumpak menyatakan telah berkoordinasi dengan Polda, Polres, dan Polsek daerah setempat. Salah satu diantaranya sudah ditangkap kepolisian. "Sekali lagi kami imbau, kalau ada permintaan uang atau janji-janji dari oknum yang mengaku BKN jangan percaya. Sebaiknya ditanyakan kembali ke BKN," terangnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. Saya mau tanya apa benar ada pengumuman cpns pusat yang diperbantukan di daerah yang pengumumannya tertanggal 2 mei. Tolong konfirmasi secepatnya terima kasih !