Home » Uncategorized » Mangindaan: Moratorium CPNS/CASN Bukan untuk Kepentingan Pemilu 2014

Komisi II DPR RI mencurigai pelaksanaan moratorium penerimaan CPNS/CASN akan kaitannya dengan unsur politik. Mereka juga mensinyalir ada rencana untuk mengangkat banyak CPNS/CASN mulai 2013, dengan tujuan menarik simpati para pelamar pekerjaan dan keluarganya agar kembali memilih Partai Demokrat sebagai partai pemerintah.

“Moratorium ini sudah pernah dilakukan pada 1998. Tapi kemudian dibuka lagi menjelang pemilu dan ternyata angka tenaga honorer melambung jauh,” ungkap Mariani Baramuli, anggota Komisi II DPR RI dalam rapat kerja dengan MenPAN&RB, EE Mangindaan, di Jakarta, Senin (3/10).

Dia mengkritisi, tidak seriusnya pemerintah dalam pelaksanaan moratorium. “Pemerintah harus konsisten dengan moratorium. Saya curiga ini ada hubungannya dengan pemilu 2014,” tandasnya.

Terhadap tudingan legislator ini, Mangindaan membantah ada unsur politis dalam moratorium CPNS/CASN. Dijelaskannya, moratorium merupakan kebijakan parsial tapi konseptual dengan berpatokan pada grand design reformasi birokrasi.

“Tidak akan ledakan pelamar CPNS/CASN nanti. Karena moratorium ini terkonsep di mana daerah-daerah harus menyiapkan analisis kepegawaiannya, termasuk kebutuhan pegawainya selama lima tahun ke depan. Yang jelas, moratorium tidak ada kaitannya sama sekali dengan pemilu 2014,” tandasnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.