Home » Uncategorized » Minahasa Bisa Stop Terima PNS Selama 10 Tahun

Sekretaris Pemerintah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Warouw Karouwan mengatakan, Pemkab Minahasa bisa saja tidak menerima pegawai negeri sipil (PNS/ASN) selama 10 tahun. Hal ini karena jumlah PNS/ASN di Minahasa terlalu banyak dan membebani keuangan daerah.

Karouwan menjelaskan, berdasarkan analisisnya, jumlah PNS/ASN ideal untuk Minahasa berkisar 4.000 sampai 5.000 orang. Namun, saat ini yang tercatat sebagai PNS/ASN Minahasa sangat banyak atau sekitar 8.000 orang.

Kepada Tribun Manado, Sabtu (3/9/2011), Karouwan menjelaskan, jumlah PNS/ASN sebanyak itu sangat membebani keuangan daerah. Sekitar dua pertiga dari APBD Minahasa senilai sekitar Rp 570 miliar habis untuk belanja gaji pegawai.
Maka itu, lanjut dia, sebelum pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan moratorium penerimaan PNS/ASN, Pemkab Minahasa telah lebih dahulu melaksanakan kebijakan tersebut.

“Moratorium penerimaan PNS/ASN bukan hal yang baru di Minahasa, karena sejak beberapa tahun terakhir Pemkab Minahasa telah membatasi penerimaan PNS/ASN, bahkan tahun ini Pemkab Minahasa berencana tidak akan melakukan pembukaan penerimaan PNS/ASN,” ujarnya.(*)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.