Home » Uncategorized » Model Moratorium CPNS/CASN 2011 Masih Dikaji

Sekretaris Jenderal (Sekjen)Kemendagri, Diah Anggraeni mengatakan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) EE Mangindaan yang punya kewenangan mengumumkan secara resmi kebijakan moratorium rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN).

Diah juga menyebutkan, belum ada keputusan final terkait model penerapan kebijakan moratorium penerimaan CPNS/CASN ini. Apakah moratorium berlaku merata untuk seluruh daerah, atau sebagian saja.
"Nanti akan kita analisa, apakah moratorium seluruhnya ataukah selektif," ujar Diah Anggraeni kepada wartawan di kemendagri, Rabu (13/7). Mantan pejabat di Pemprov Jateng itu membayangkan, untuk daerah baru hasil pemekaran, sudah tentu masih membutuhkan pegawai.

Terkait dengan penataan kepegawain yang dilakukan di masa moratorium nanti, Kemendagri punya tugas menyiapkan masukan dari daerah-daerah. "Untuk mengetahui berapa sebenarnya kebutuhan pegawai daerah, kita akan undang daerah. Kita akan analisa, daerah itu sebenarnya masih butuh pegawai (baru) apa tidak," terang Diah.
Hasil analisa ini, lanjutnya, juga untuk menjawab dugaan yang selama ini berkembang bahwa daerah mengajukan usulan formasi CPNS/CASN sebanyak-banyaknya. "Terus, apa pegawai yang sudah ada telah dioptimalkan. Ini nanti juga kita analisa semuanya," terang Diah.

Diah berharap, ke depannya, kemenpan-RB saat menetapkan formasi kebutuhan CPNS/CASN daerah, berkonsultasi dulu dengan kemendagri. Alasannya, kemendagri lah yang lebih paham berapa sebenarnya kebutuhan pegawai daerah. "Kalau tidak minta pertimbangan kemendagri, ya formasinya bengkak terus, yang menyebabkan bengkaknya anggaran belanja pegawai," ujarnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 7 Responses So Far. »

  1. yakin moratorium dikaji atau alasan baru untuk korupsi anggaran negara. pejabat negara suka main sandiwara. Indonesia juara dunia dalam dunia panggung sandiwara.

  2. Pemerintah yang terhormat ingat anda duduk atas nama Rakyat, untuk mensejahtrakan rakyat tanpa terkecuali. kalau moratorium CPNS jadi diterapkan maka ini sama dengan pembantaian masal. mending anda sudah jadi pegawai, tapi kalau belum anda akan selalu mengharapkan tidak akan ada moraturium, jangan membuat RUU yang seenak mungkin, kalau alasan tidak ada anggaran untuk menggaji, tolong kaji diri anda sendiri setiap detak jantung pemerintah atas selalu akhir bulan, akhir tahun KORUPSI BERJAMAAH, kalau begini rancangan RUU leburkan semua lembaga pendidikan, tidak ada gunanya sekolah, pendidikan kalau tidak ada harapan jadi pegawai NEGERI,kalau moraturium ini jadi. Ingat kalau nanti ada PEMILU jangan minta masyarakat memilih, dan insyaallah kotak suara akan dibakar oleh masyarakat, karena memilih kalian hanya memikirkan perutmu sendiri dan pada akhirnya akan korupsi.

  3. seleksi cpns dimana-mana tdk ada yg jujur deh…. dijamin itu, selama manusia masih doyan duit…., zuzah cari cpns yang bonafit, karna pikirannya gimana duit yg aku kelauarkan harus kembali dulu….. nah kawan2 bagaimana kalau dah begini…………

  4. Pemerintah buat moratorium tp tenaga honorer tambah terus, anaknya, ponakannya, bahkan istrinya smuanya d jadikan tenaga honorer.
    apa bedanya ??? atau ini cm tameng dari para pejabat biar cuma mereka yg jd PNS, skalian aja ini negara di jual….

  5. I just want to mention I am all new to blogs and definitely enjoyed this page. Likely I’m likely to bookmark your blog post . You definitely have fantastic well written articles. Cheers for sharing your blog.

  6. My dream retirement is living on a 45ft center cockpit Hunter sailboat with my man and dog sailing the inter coastal waterways, the Caribbean, and any port I choose.

  7. Can I ask something? I’m looking for a specific MAC eyeshadow combo and cannot locate it! It will take me ages to go through this huge list.