Home » Uncategorized » Monbukagakusho, Studi Gratis ke Jepang!

‘Program Beasiswa Pemerintah Jepang’ berupa ‘Research Student 2010’ kembali dibuka. Selain biaya studi, beasiswa ini juga meliputi biaya hidup tanpa adanya ikatan dinas. Buat Anda yang tertarik, pendaftarannya hanya sampai bulan depan.

Memang, Jepang merupakan satu dari sekian banyak negara tujuan studi pilihan pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliahnya di luar negeri. Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang menjadi daya tarik pilihan tersebut, salah satunya adalah Monbukagakusho atau MEXT.

Monbukagakusho merupakan beasiswa yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Beasiswa ini berasal dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang. Bukan hanya biaya studi, beasiswa ini juga meliputi biaya hidup yang tanpa disertai syarat dan ikatan dinas.

Di Indonesia, pendaftaran dan penyeleksian penerima beasiswa Monbukagakusho diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, serta Makassar. Dibuka setiap tahun, program Monbukagakusho ditujukan bagi mereka yang tertarik dalam program research student di perguruan tinggi di Jepang.

Selain itu, peminat, pada saat menjalani research student ini juga diperbolehkan untuk melamar ke program S-2, S-3, atau Professional Graduate Course. Pun, peminat bisa melanjutkan lagi jenjangnya ke program S-3 setelah menyelesaikan program S-2-nya. Hanya, syaratnya harus lulus seleksi tes ujian dari universitas bersangkutan.

Skil Bahasa Jepang dan Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa ini sudah dibuka sejak 20 April 2009 lalu. Hanya saja, batasnya masih cukup panjang, yaitu sampai 25 Mei 2009.

Umumnya, semua persyaratan utama tidak ubahnya dengan syarat utama mendaftar beasiswa lainnya. Hanya saja, beasiswa ini memberikan "syarat spesial" yaitu, kemampuan Bahasa Jepang. Karena pada dasarnya, kuliah di perguruan tinggi di Jepang harus memakai Bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar.

Nilai TOEFL-PBT minimal mencapai angka 550 atau TOEFL – CBT minimal 213 atau TOEFL – IBT minimal 79. Standar keahlian bahasa itu juga bisa dari Japanese Language Proficiency Test dengan angka minimal level 2.

Buat Anda yang tertarik, formulir pendaftaran beasiswa bisa diambil di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, serta Makassar, atau mengunduhnya langsung di http://www.id.emb-japan.go.id.

Tetapi, khusus pengembalian formulirnya harus langsung ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Jl M.H. Thamrin No.24 Jakarta, kode pos 10350, di nomor 021 319 24308 ext. 175 dan 176.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 9 Responses So Far. »

  1. Slamat siang pak! saya sangat tertarik untuk bisa mendapatkan beasiswa studi ke jepang (mengambil S2),tapi saya belum tahu batas umurnya berapa untuk mendapatkan beasiswa(S2) studi ke jepang? & juga saya belum bisa berbahasa jepang,di mana tempat kursus yang bagus untuk bisa cepat berbahasa jepang serta berapa biaya kursusnya? Dan kapan lagi untuk buka beasiswanya (tanggal & bulan)? Demikian yang saya ingin tanyakan kepada ibu/bapak,terima kasih ibu/bapak yang telah merespon pertanyaan saya…

  2. Pertanyaannya sama dengan handi…mohon pencerahan.

  3. asslamu’alaikum

    Kapan lagi ada pembukaan beasiswa ke jepang, saya sangat berminat untuk belajar ke jepang. mohon informasinya

    terima kasih………..
    wasalamu’alikum

  4. mohon informasinya bagi pemerintah jepang untuk bisa kuliah dinegara jepang.

  5. Sama..Mohon info ny selengkap-lengkapnya..Trimakasih

  6. Selamat pagi,saya sangat tertarik sekali study ke jepang…..saya ingin ikut beasiswa tersebut…saya bisa b.jepang dasar. kursus b.jepang yang baik dimana n biaya kursusnya berapa pa?

  7. selamat siang..saya sangat tertarik untuk melanjutkan studi ke jepang dan dengan keadaan ekonomi keluarga, sangat tidak memungkinkan untuk membiayai kuliah sendiri. saya mencoba mencari informasi beasiswa ke jepang tapi saya belum menemukan informasi detil mengenai prosedur lengkap cara memperoleh beasiswa.apakah permohonan beasiswa bisa diajukan perseorangan (tidak memiliki latar belakang sebagai dosen atau rekomendasi perusahaan)? dan bagaimana cara mencari profesor pembimbing di jepang.dimana bisa mengakses informasi universitas (khususnya program pasca sarjana) di jepang yang lengkap dengan bidang keilmuan yang ada. terimakasih

  8. sama seperti yang di atas ,mohon infonya donk…?/

    thanks

  9. sama seperti yang diatas, mohon informasinya yang lebih jelas…
    arigatho goazimase…