Home » Uncategorized » Moratorium CPNS/CASN hanya Sampai Desember 2012

Pencari kerja yang berharap pada penerimaan calon pegawai negeri sipil, perlu segera mengalihkan lamarannya. Tahun ini, pemerintah akan menghentikan rekrutmen calon PNS/ASN sampai Desember 2012.  “Moratorium dimulai 1 September ini sampai dengan 31 Desember 2012, dengan pengecualian yang sangat ketat. Rencananya penandatanganan kesepakatan untuk ini dilakukan Rabu 24 Agustus,” tutur Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Jumat (19/8/2011) siang di Jakarta.

Pengecualian yang disampaikan Gamawan, antara lain untuk para CPNS/CASN dari pendidikan kedinasan seperti lulusan IPDN dan penerimaan untuk pengganti PNS/ASN yang pensiun di sektor kesehatan dan pendidikan. Penggantian tenaga yang pensiun di kesehatan dan pendidikan, tetap dilakukan untuk mencegah gangguan pada layanan masyarakat.

Namun, kata Gamawan, tidak ada lagi penambahan untuk tenaga administrasi baik di daerah maupun di pusat.

Sementara moratorium rekrutmen CPNS/CASN, penataan birokrasi yang gemuk dilakukan. PNS/ASN didistribusikan ke daerah atau kementerian yang kekurangan tenaga. Secara rinci, pengaturan mengenai pembenahan dan pengecualian rekrutmen CPNS/CASN, dibahas kembali sebelum penandatanganan kesepakatan.

Indonesia saat ini memiliki 4,7 juta PNS/ASN. Banyak daerah menghabiskan lebih dari 50 persen APBD-nya untuk membayar gaji dan honor karyawan. Hal serupa terjadi di pusat.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. kalo yg dari pendidikan kedinasan lain juga , tapi nggak ikatan dinas, apa kena’ imbas moratorium juga ?

  2. I simply want to say I’m new to weblog and honestly savored your blog site. Probably I’m likely to bookmark your site . You really have fantastic stories. With thanks for sharing your blog site.