Home » Uncategorized » “Ngaku” Anggota Intel, Tipu Warga Jadi CPNS/CASN

Polsek Serpong berhasil menangkap NH Kurniawan, warga Bintaro asal Lampung,  yang mengaku sebagai anggota Badan Intelejen Negara (BIN). Penangkapan berawal dari adanya laporan Batalyon Kaveleri Cobra Serpong yang mengamankan seseorang yang mengaku sebagai anggota BIN.

“Setelah dilakukan pengecekan, kemudian kita cocokkan identitas, juga pemeriksaan oleh anggota BIN. Ternyata dia anggota BIN gadungan yang hanya ingin mencari keuntungan dari warga,” kata Kepala Polsek Serpong Komisaris Nico Andreano Setiawan.

Dari keterangan pelaku, sudah banyak warga yang menjadi korban dengan iming-iming bisa menjadi PNS/ASN maupun anggota BIN dengan membayar puluhan juta rupiah. Kurniawan mengaku, salah satu korbannya pernah tertipu Rp 64 juta.

Dalam melakukan aksinya, Kurniawan menggunakan tiga nama, yakni nama aslinya, serta nama samaran, RM dan Yudit. Kurniawan juga menyewa mobil Mitsubishi Pajero Sport dengan pelat nomor diganti dan dilengkapi dengan identitas polisi.

Polsek Serpong mengamankan sejumlah barang bukti berupa kartu identitas sebagai anggota BIN, sebuah pistol, stempel kepolisian, stempel BIN, stempel Gurbenur Akpol, dan stempel Kementerian Agama, buku tabungan BCA dengan saldo sebesar Rp 1,7 miliar, satu unit laptop, mobil Pajero Sport, serta beberapa berkas lainnya.

Nico menjelaskan, Kurniawan membuat sendiri barang bukti tersebut untuk menyempurnakan modus penipuannya sebagai anggota intelijen sungguhan. Hingga kini, polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus itu. “Kasus masih dalam pengembangan karena diduga dia ini dulu pernah ada masalah di Ciputat. Apakah ada rekanannya juga, kita belum tahu pasti,” kata Nico. Akibat perbuatannya, Kurniawan dikenai pasal berlapis, yakni Pasal 378 untuk penipuan dan Pasal 263 untuk pemalsuan sejumlah dokumen dengan ancaman di atas lima tahun penjara.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.