Home » Uncategorized » Para Guru Honorer Kembali Ancam Demo

Para Guru Honorer Kembali Ancam Demo. Sebanyak 118 perwakilan dari sekitar 2.800 guru honorer yang masuk kategori dua yang ada di Kab. Bandung, melakukan konsolidasi dalam rangka menyikapi Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengangkatan Tenaga Honorer, di Madrasah Tsanawiah An-Nur, Desa Maruyung, Kec. Pacet, Kab. Bandung, Minggu (26/2). Mereka juga mengancam akan kembali melancarkan aksi demo ke Jakarta.

Guru honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Indonesia (FHI) itu mendesak pemerintah untuk segera mengangkat mereka menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN). Karena bagi mereka, pengangkatan guru honorer menjadi CPNS/CASN adalah sebuah harga mati.

Sekjen FHI Pusat, Heri Sumarli, S.Pd., mengatakan, pertemuan dengan ratusan guru honorer mengarah pada percepatan pengesahan atau regulasi rancangan perubahan kedua PP No. 48/2005 jo PP No. 43/2007 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS/CASN.

Menurutnya, Rancangan PP itu mengacu pada Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi No. 05/2010 tentang Pendataan Tenaga Honorer yang sudah dilaksanakan pada Desember 2010.

“Pada intinya dalam pertemuan ini mendorong pemerintah pusat supaya segera menandatangani dan meregulasikan PP honorer perubahan kedua tersebut,” jelas Heri yang diiyakan Sekjen FHI Kab. Bandung, Drs. Ahmad Lutfi kepada “GM”.

Semestinya, imbuh Heri, rencana adanya pengangkatan guru honorer menjadi CPNS/CASN itu sebaiknya setelah selesai guru bantu diangkat menjadi CPNS/CASN pada tiga tahun lalu. Ia mengatakan, saat ini ada keterlambatan pengangkatan guru honorer selama tiga tahun silam. “Seharusnya pemerintah pusat sudah menyelesaikan pengangkatan guru honorer menjadi CPNS/CASN pada 2010 lalu,” katanya.

Terkait keterlambatan pengangkatan guru honorer menjadi CPNS/CASN, tambahnya, para guru honorer yang berasal dari 33 provinsi di Indonesia, khususnya Kab. Bandung, berencana melakukan aksi demo ke DPR RI di Jakarta, Senin (12/3). Mereka menuntut percepatan deregulasi PP. “Kami menuntut janji pemerintah, karena pemerintah sudah berjanji akan segera mengesahkan Rancangan PP pada April 2012 mendatang.

Janji itu disampaikan saat para guru honorer melakukan aksi unjuk rasa di Gedung DPR RI di Jakarta, Senin (13/2). Dalam aksi tersebut, sempat dilakukan dengar pendapat yang dihadiri jajaran Komisi II DPR RI. Selain itu, dihadiri perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” urainya.

Lakukan pertemuan

Dalam aksi mendatang, lanjutnya, guru honorer dari 33 provinsi yang siap bergabung berasal dari 43 organisasi honorer yang ada di Indoensia. Ada juga dari tenaga honorer kesehatan, tenaga honorer polres, dan tenaga honorer di instansi pemerintah lainnya.

Para guru honorer yang masuk kategori dua itu memiliki masa kerja antara 7 hingga 21 tahun. Untuk memperjuangkan nasib, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan jajaran pemerintahan di tingkat Kab. Bandung, namun hasilnya masih nihil. “Kami akan tetap menuntut penyelesaikan Rancangan PP tersebut,” tegasnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. I simply want to tell you that I’m new to blogging and site-building and actually enjoyed this blog. Probably I’m want to bookmark your site . You really come with fabulous well written articles. Cheers for sharing with us your blog.