Home » Uncategorized » Pegawai Honorer Harus Penuhi Formasi

Pegawai honorer yang diangkat sampai dengan 2005 dan digaji dari APBN/APBD kembali diliputi kecemasan. Bila sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan mengatakan pegawai honorer kategori I itu akan segera diangkat menjadi PNS/ASN pada tahun ini, pada Rabu (12/10/2011) ini pernyataan itu berubah.

Para pegawai honorer masih harus memenuhi formasi sebelum diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil. Selain itu, masih ada syarat lain yang akan ditetapkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengangkatan Tenaga Honorer.

“Verifikasi dan validasi tenaga honorer kategori I (yang mendapatkan honor dari alokasi APBN/APBD) sudah dilakukan, dan menghasilkan puluhan ribu itu. Tapi, tidak bisa seenaknya diangkat jadi PNS/ASN, harus sesuai formasi juga,” tutur Mangindaan seusai rapat kerja dengan Komisi II DPR di Jakarta.

Formasi yang menunjukkan kebutuhan pegawai tertentu ditetapkan oleh daerah. Selain itu, para tenaga honorer masih harus memenuhi syarat yang diatur dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengangkatan Tenaga Honorer.

Sebelumnya, seusai membuka sosialisasi Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS/CASN di kantor Kementerian Dalam Negeri, Selasa 20 September lalu, Mangindaan mengatakan, 67.000 tenaga honorer kategori I segera menjadi CPNS/CASN. Pengangkatan dilakukan, setelah Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS/CASN ditetapkan.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi Ramli Naibaho menjelaskan, rancangan peraturan pemerintah tentang pengangkatan tenaga honorer sudah difinalisasi. Namun, saat ini masih harus dihitung, keuangan negara yang harus dialokasikan untuk membayar gaji para CPNS/CASN tambahan itu.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.