Pengumuman CASN : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat Kekurangan 3.000 PNS - CASN 2014

By | 21/05/2012

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat kekurangan sekitar 3.000 pegawai negeri sipil (PNS/ASN). Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) KBB, hingga Desember 2011, Pemkab Bandung Barat memiliki 10.157 PNS/ASN, 7.593 di antaranya merupakan tenaga pendidik.”Berdasarkan pemetaan yang telah kita lakukan, Pemkab Bandung Barat masih kekurangan PNS/ASN hingga 3000 orang. PNS/ASN yang ada sekarang lebih didominasi tenaga pendidik. Sementara di luar tenaga pendidik, sangat kurang,” ungkap Kepala BKPP KBB, Wawan Herawan di Batujajar, Selasa (15/5).

Dikatakan Wawan, untuk mengatasi kekurangan PNS/ASN tersebut, BKPP KBB sudah mengajukan penambahan kuota penerimaan CPNS/CASN baru kepada Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Kemenpan). Namun, katanya, penerimaan CPNS/CASN baru untuk Pemkab Bandung Barat hanya dijatah 100-300 orang.

“Setiap penerimaan CPNS/CASN, kami selalu mengajukan formasi hingga 2.000 orang. Tapi, Menpan hanya memberikan kuota sekitar 10 persennya. Jumlah itu sudah jelas masih sangat jauh dari harapan,” jelasnya.

Selain kuota minim, tambah Wawan, setiap tahun jumlah PNS/ASN di KBB terus berkurang karena sekitar 200 orang memasuki masa pensiun.

“Sekitar 200 orang PNS/ASN setiap tahunnya memasuki masa pensiun. Sehingga PNS/ASN di KBB bukannya bertambah tapi terus mengalami kekurangan. Masalah ini harus dicarikan solusinya,” paparnya.

Ajukan 2.600 CPNS/CASN

Ditambahkannya, untuk tahun 2012, BKPP telah mengajukan formasi sekitar 2.600 CPNS/CASN kepada Kemenpan. Namun, Wawan belum mengetahui secara pasti kuota yang disetujui Kemenpan. “Kita tidak tahu berapa kuota CPNS/CASN untuk tahun ini. Tergantung dari Menpannya,” ucapnya.

Wawan mengatakan, kekurangan PNS/ASN di Pemkab Bandung Barat di antaranya untuk tenaga pendidik, kesehatan, dan staf di Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD). “Paling banyak dari tenaga pendidik. Kita masih mengalami kekurangan,” tegasnya.

Selain tenaga pendidik, Wawan mengatakan, PNS/ASN untuk staf di kantor kecamatan pun masih sangat kurang. Ia mengatakan, idealnya di setiap kecamatan terdapat 10 pejabat struktular yang masing-masing dibantu oleh 3 orang staf.

“Tapi kenyataannya, di kecamatan banyak yang tidak ada stafnya. Hanya beberapa kecamatan yang memiliki staf bagi pejabat strukturalnya,” katanya.

Uncategorized
Author: adminppci

Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI)

One thought on “Pengumuman CASN : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat Kekurangan 3.000 PNS - CASN 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *