Home » Uncategorized » Pemerintah Tidak Punya Konsep di Daerah Perbatasan

Pemerintah tidak memiliki konsep yang jelas tentang pemerataan pembangunan, terutama di wilayah perbatasan. Di pulau-pulau terluar, seperti di wilayah Sulawesi Utara yang berbatasan dengan Filipina, ketimpangan sosial dan ekonomi masih terlihat nyata.

Sosiolog dari Universitas Negeri Gorontalo, Funco Tanipu, di Gorontalo, mengatakan, berbagai persoalan di daerah perbatasan masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

Fakta tentang diklaimnya pulau terluar oleh negara tetangga, atau kondisi sosial ekonomi warga di pulau terluar yang masih tertinggal, menjadi bukti lemahnya konsep pembangunan di wilayah perbatasan.

“Terjadi ketimpangan ekonomi dan sosial di wilayah perbatasan, karena pemerintah lebih fokus membangun di sekitar pusat pemerintahan. Kondisi infrastruktur, akses kesehatan, pendidikan, atau kegiatan perekonomian di wilayah perbatasan memprihatinkan. Ini bukti bahwa pemerintah belum memiliki konsep yang jelas di wilayah perbatasan atau pulau terluar,” kata Funco.

Lima pulau terluar di wilayah Sulawesi Utara yang berbatasan dengan Filipina dalam kondisi memprihatinkan. Kelima pulau itu adalah Miangas, Kawaluso, Marampit, Matutuan, dan Marore.

Warga di lima pulau itu masih mengandalkan pasokan kebutuhan sehari-hari dari pulau lain, seperti Kepulauan Sangihe.

Padahal lima pulau itu hanya disinggahi kapal perintis sekali dalam dua minggu. Jika cuaca buruk, pernah hanya sebulan sekali kapal perintis singgah. Kapal membawa minyak tanah dan beras, yang menjadi kebutuhan vital warga.

Warga di pulau terluar merasa semakin terpencil, karena tiadanya jaringan telepon seluler di wilayah mereka.

“Sungguh kami senantiasa terus berdoa agar pemerintah memperhatikan kami, warga di pulau terluar, bahwa kami masih merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Tresye Mokodompis, satu-satunya bidan di Pulau Kawaluso.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. Thanks for sharing, this is a fantastic post.Thanks Again. Will read on…