Home » Uncategorized » Pemkot Ternate Tidak Terima CPNS/CASN Dari Daerah Lain

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara  menolak Pegawai Negeri Sipil dari daerah lain di Malut yang ingin dimutasi ke Pemkot Ternate, karena jumlah PNS/ASN sudah terlampau banyak.

“Jumlah PNS/ASN di Kota Ternate saat ini tercatat 6000 orang, itu belum termasuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 1000 orang,” kata Kabid Diklat dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Ternate Thamrin,  Marsaoly di Ternate, Sabtu.

Jumlah PNS/ASN dan PTT di Pemkot Ternate tersebut sudah jauh melampaui kebutuhan ideal PNS/ASN di daerah ini, karena sesuai hasil evaluasi dari BKD, jumlah ideal PNS/ASN dan PTT di Kota Ternate maksimal 5000 orang.

Thamrin Marsaoly  mengatakan, banyaknya jumlah PNS/ASN dan PTT di Kota Ternate tersebut mengakibatkan banyak PNS/ASN yang hanya santai di kantor, karena tak ada yang bisa mereka kerjakan.

Situasi ini jelas merugikan daerah, karena sama artinya mereka menerima gaji gratis setiap bulan.

Oleh karena itu, Pemkot Ternate untuk sementara menolak PNS/ASN dari daerah lain yang ingin mutasi ke Kota Ternate, terlebih jika keahlian PNS/ASN bersangkutan sudah banyak di Kota Ternate.

“Kalau PNS/ASN yang ingin mutasi ke Kota Ternate tersebut, keahliannya dibutuhkan oleh Pemkot Ternate, misalnya dokter spesialis kemungkinan akan dipertimbangkan untuk diterima,” katanya.

Pemkot Ternate mulai tahun ini akan membatasi penerimaan PTT, karena selain pertimbangan banyaknya jumlah PNS/ASN di Kota Ternate, juga untuk menghemat pengeluaran daerah, karena honor PTT dibayar melalui APBD.

Dia mengatakan, Pemkot Ternate dalam penerimaan CPNS/CASN tahun 2010 ini hanya mengusulkan sebanyak 149 orang dan semuanya merupakan klasifikasi S1 dan program diploma. Mereka tenaga guru dan kesehatan, karena kedua profesi ini sangat dibutuhkan di Kota Ternate.

Pemkot Ternate juga mulai memperhatikan disiplin PNS/ASN dengan cara menerapkan absensi elektronik. Selama ini PNS/ASN di Pemkot Ternate menggunakan absensi manual, sehingga mudah direkayasa.

Contoh Soal CPNS/CASN 2010



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.